Yuk, Mengintip Cara Makan Gajah!

By Lila, Rabu, 6 Desember 2017 | 09:35 WIB
Gajah minum puluhan liter air per hari. (Lila)

Gajah hanya makan tumbuh-tumbuhan, tapi mengapa badannya bisa sebesar itu ya, teman-teman? Kita cari tahu, yuk, bagaimana kebiasaan makan binatang darat terbesar ini.

Ratusan Kilogram Per Hari

Sehari-hari, gajah memakan akar, rumput, buah, dan kulit kayu. Meski hanya vegetasi yang dimakannya, jumlahnya sangat banyak, lo. Rata-rata gajah Afrika setiap harinya membutuhkan 250 kilogram makanan dan 60 liter air minum.

Bahkan, gajah Afrika yang jantan bisa makan sebanyak 350 kilogram dalam sehari. Wow! Banyak, ya. Sedangkan gajah Asia yang ukurannya sedikit lebih kecil mengonsumsi 150 kilogram makanan dan 40 liter air. Pantas saja badan mereka besar, ya.

Baca juga: 8 Fakta Unik Seputar Tidur Gajah

Dekat Sumber Air

Karena banyaknya jumlah yang harus dikonsumsi, mereka biasanya hidup dekat dengan sumber air. 

Gunakan Belalai

Mereka biasanya makan pada pagi dan malam hari. Gajah menggunakan belalainya yang serbaguna, untuk menggali akar, mencabut tanaman dan daun, serta memecah cabang dari pepohonan. Uniknya, gajah tidak memiliki sistem pencernaan yang sangat efisien. Itu membuat jumlah makanan yang mereka butuhkan semakin besar.

Enam Kali Ganti Gigi

Jumlah gigi gajah ada 26 buah. Uniknya, gajah mengalami penggantian gigi sebanyak enam kali dalam rentang umurnya. Berbeda dengan kita yang hanya mengalami penggantian gigi satu kali, dari gigi susu ke gigi permanen. 

Baca juga: Fakta Seru Gigi Hiu

Mengapa mereka sering mengganti gigi? Ternyata, ini membantu mereka mengunyah kulit pohon yang keras dan akar sampai larut. Seekor gajah dengan gigi yang terinfeksi tidak bisa bertahan lama di alam liar karena tidak bisa makan dengan benar, dan gigi pengganti bisa membantu.