Jaguar Meninggalkan Aroma sebagai Tanda Wilayah

By Lila, Senin, 11 Desember 2017 | 09:10 WIB
Jaguar berburu pada malam hari. (Lila)

Seperti halnya harimau, jaguar juga termasuk dalam keluarga kucing besar dalam genus panther. Nama ilmiah jaguar adalah panther onca. Namanya keren, ya teman-teman. Seperti apa sih, kehidupan jaguar? Yuk, kita kenalan lebih jauh dengan binatang ini.

Terbesar

Jaguar adalah kucing terbesar ketiga dari keluarga kucing besar setelah harimau dan singa. Selain itu, jaguar merupakan kucing terbesar di seluruh Amerika. Jaguar jantan sekitar 10-20% lebih besar dari betina. Rata-rata jaguar beratnya antara 56-96 kilogram dan panjangnya 1,2 meter sampai 1,95 meter.

Asli Amerika

Jaguar hanya ditemukan di benua Amerika. Wilayah hidupnya cukup luas, antara lain Arizona di barat daya Amerika Serikat, Meksiko, sampai Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Habitatnya umumnya di hutan hujan lebat, walaupun ditemukan juga di hutan lain dan dataran terbuka.

Binatang Malam

Biasanya, binatang karnivora yang satu ini berburu pada malam hari. Mereka menguntit mangsanya lebih dulu sebelum menyergapnya. Makanan mereka antara lain rubah, anjing, dan rusa. Mereka sering menyeret makanan ke pohon agar aman saat menyantapnya. Jaguar memiliki rahang yang sangat kuat, gigitannya lebih kuat dibanding singa.

Baca juga: Mengapa Singa Hanya Ada di Afrika?

Pandai Berenang

Seperti halnya harimau, jaguar juga menyukai air dan pandai berenang. Tak jarang, mereka terjun ke air atau melompat dari atas pohon untuk menangkap mangsanya.

Penyendiri

Jaguar dikenal sebagai hewan soliter alias senang menyendiri. Mereka berkeliaran, berburu, dan tinggal sendiri.