9 Fakta Unik Tentang Penguin

By Lila, Selasa, 12 Desember 2017 | 06:30 WIB
Penguin merupakan keluarga burung yang tidak dapat terbang. (Lila)

Ternyata, bukan hanya bentuk tubuhnya saja yang unik. Penguin juga memiliki banyak fakta menarik. Simak tulisan berikut, ya.

1. Meluncur

Untuk menghemat energi, terkadang penguin berjalan dengan kakinya yang pendek atau meluncur dengan perutnya di salju. Hiii…pasti dingin rasanya, ya.

2. Andalkan Pendengaran

Penguin memiliki pendengaran yang sangat baik. Saat berada di darat, penguin amat mengandalkan pendengarannya. Sementara, penglihatannya bisa beradaptasi dengan baik untuk melihat di kedalaman laut saat mencari makanan atau menghindari pemangsa.

Baca juga: 3 Bahaya Jika Kamu Sering Mengorek Telinga

3. Jaga Keseimbangan

Saat berada di darat, penguin menggunakan ekor dan sayapnya untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan. Sedangkan di air, sayapnya ia gunakan untuk berenang. Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6-12 kilometer per jam. Bahkan, pernah tercatat hingga 27 kilometer per jam!

4. Jenis Kelamin

Karena tidak memiliki kelamin eksternal, sangat sulit mengetahui jenis kelamin penguin dengan mata biasa. Nah, untuk membedakan jenis kelamin penguin, kita harus menggunakan teknik pemeriksaan kromosom atau DNA.

Baca juga: Ribuan Anak Penguin Mati Kelaparan

5. Bisa Minum Air Laut