Susu UHT Itu Apa, ya?

By Yomi Hanna, Rabu, 13 Desember 2017 | 09:43 WIB
Susu UHT itu apa, ya? (Hanna Vivaldi)

Apakah teman pernah mendengar tentang susu UHT? Jika teman-teman pernah melihat susu dalam kemasan kotak atau karton, beberapa jenis susu tersebut adalah UHT. Kira-kira, susu UHT itu apa, ya? Yuk, kita cari tahu bersama!

Susu dengan Proses yang Singkat

UHT adalah singkatan dari Ultra High Temperature. Susu ini diolah dengan cara dipanaskan pada suhu 135 derajat Celsius dalam waktu 2-4 detik saja. Pemanasan itu dilakukan untuk menghilangkan semua bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Prosesnya memang sangat singkat, supaya nilai nutrisi yang ada di dalam susu tidak hilang dan kesegarannya tetap terjaga.

Baca juga : Sebaiknya Minum Susu di Pagi atau Malam Hari?

Siapa Saja yang Boleh Meminum Susu UHT?

Suhu UHT boleh dan aman diminum siapa saja yang sudah berusia 2 tahun ke atas. Jadi, adik-adik di bawah 2 tahun belum bisa mengonsumsi susu ini dikarenakan proses pencernaannya yang belum sempurna.

Nutrisi dalam Susu UHT

Susu UHT mengandung beragam nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Misalnya seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Tidak hanya itu, nutrisi dalam susu juga baik untuk pertumbuhan tulang dan jantung kita.

Baca juga : Fakta Seputar Susu

Kemasan Susu UHT

Dengan adanya susu UHT, kita jadi praktis setiap kali ingin meminum susu. Selain itu, kemasan susu UHT dibuat dengan teknologi yang canggih, lo. Yaitu dengan menggunakan teknologi Aseptic, kemasannya terdiri dari 6 lapisan perlindungan. Kenapa harus 6 lapis, ya? Ternyata lapisan yang banyak itu fungsinya untuk melindungi susu yang ada di dalam kemasan agar tidak tembus cahaya, udara, dan bakteri yang bisa mengurangi kandungan gizi di dalamnya.