Mengenal Soba, Ramen, dan Udon, Mi Lezat dari Jepang

By willa widiana, Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:48 WIB
Soba, mi yang sudah di kenal sejak lama oleh orang Jepang. (willa widiana)

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia. Negeri matahari terbit punya banyak kebudayaan unik. Tak hanya itu, negeri sakura ini juga punya banyak makanan enak, salah satunya mi. yap, mi dari Jepang itu banyak macamnya, lo! Cari tahu satu-satu, yuk!

Soba

Dalam bahasa Jepang, soba artinya gandum. Jadi, mi soba adalah mi yang terbuat dari gandum. Mie soba sudah ada sejak abad akhir abad ke-16. Bentuk mi soba lurus dan ukurannya sedang, tidak sebesar udon.

Sebelum dimakan, mi soba akan dimasak terlebih dahulu. Mi soba yang sudah matang akan disimpan di atas keranjang bambu hingga dingin. Sebelum di makan, kita harus mencelup mi soba ke dalam kuah bening yang gurih.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Jepang yang Bisa Ditiru

Di Jepang sendiri, restoran mi soba sudah ada sejak zaman Edo. Di zaman itu, ada dua cara untuk memakan mi soba. Pertama, mencelupkan ujung mi ke dalam kuah dan memakannya. Kedua, mencelupkan mi soba dan memakannya dengan kuahnya.

O iya, masyarakat Jepang biasanya makan mi soba saat malam tahun baru. Kebiasaan ini bisa membuat mereka punya umur panjang seperti mi. Satu lagi, orang Jepang yang baru pindah rumah biasanya memabagikan mi soba kepada tetangga-tetangganya. Unik, ya!

Ramen

Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan mi yang satu ini. Yap, ramen sudah banyak dijual di restoran. Bahkan, kini ada ramen kemasan. Jadi, kita bisa menyeduh sendiri ramen yang ingin kita makan.

Mi ramen sama saja, minya panjang, lurus, dan tidak terlalu besar. Yang membedakan ramen satu dengan ramen lain adalah topping yang digunakan. Selain topping, biasanya kuah yang digunakan juga berbeda. Ada yang menggunakan kuah bening dan encer, ada juga yang menggunakan kuah kental.

Baca Juga: Warna-warni Mi Unicorn yang Unik

Konon, ramen diciptakan oleh orang Tiongkok yang diasingkan ke Jepang pada Masa Dinasti Ming. Saat berada di pengasingan, orang Tiongkok ini diundang ke Domain Mito (sebuah daerah di Jepang). Di sana, ia membuat ramen untuk Tokugawa Mitsukini. Setelah itu, barulah ramen menyebar dan dikonsumsi oleh banyak orang Jepang.

Udon

Teman-teman juga pasti sudah tidak asing dengan mi berukuran besar bernama udon. Yap, saat ini, ada banyak gerai udon di tempat perbelanjaan umum. bahkan, beberapa restoran jepang juga sudah menyediakan udon di dalam menunya.