Bukan Hanya Plastik, Sampah Elektronik Juga Berbahaya, Lo!

By Cirana Merisa, Senin, 18 Desember 2017 | 08:40 WIB
Pada tahun 2016 lalu, sampah elektronik sudah mencapai 44,7 juta metrik ton. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Kalau punya ponsel, televisi, laptop, atau barang elektronik lainnya yang sudah rusak biasanya kita akan membetulkan, menjual, atau bahkan membuangnya.

Sampah Elektronik

Pernah mendengar istilah sampah elektronik? Kalau kita membuang barang elektronik maka itu akan menjadi sampah elektronik.

Banyak orang yang khawatir tentang sampah-sampah plastik yang menggunung atau sampah plastik yang tidak bisa terurai. Padahal sampah elektronik juga sulit terurai, lo.

Menurut penelitian United Nation University, sampah elektronik itu meningkat setiap tahunnya seiring dengan perkembangan teknologi.

Pada tahun 2016 lalu, sampah elektronik sudah mencapai 44,7 juta metrik ton atau setara dengan 4.500 Menara Eiffel. Wow, banyak sekali, ya!

Baca juga: Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Asalnya Sampah Elektronik

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan produsen terus memperbarui barang-barang elektronik buatannya dan membuat manusia menjadi konsumtif.

Bayangkan saja kalau kita punya ponsel yang masih 3G dan sekarang di toko-toko sudah menjual ponsel 4G, kita akan membuang ponsel lama dan membeli ponsel baru yang lebih canggih itu.

Tak hanya ponsel, televisi, laptop, komputer, printer, kamera, kulkas, mesin cuci, AC, kipas angin, penyedot debu, bahkan alat cukur listrik dan lampu yang sudah rusak dan dibuang juga menjadi sampah elektronik yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Baca juga: Gunakan Barang Elektronik Seperlunya

Bahaya Sampah Elektronik

Walaupun merupakan benda-benda padat, nyatanya benda elektronik mengandung zat-zat yang berbahaya bagi manusia maupun lingkungan.