Kenapa Ada Banyak Kecoak di Rumah?

By Yomi Hanna, Sabtu, 23 Desember 2017 | 04:37 WIB
Ternyata, serangga yang sering dianggap menjijikkan dan menakutkan ini punya fakta unik yang jarang diketahui, lo. (Hanna Vivaldi)

Bobo.id - Keberadaan kecoak di rumah memang sering membuat kita tidak nyaman.

Meskipun bukan hewan yang mematikan, tapi jika dalam jumlah yang banyak, sering kali membuat kita jijik serta ketakutan. Sebenarnya apa yang membuat hewan ini sering mendatangi rumah kita, ya?

1. Karena Kotor dan Bau

Kecoak sangat suka bersarang dan bertelur di tempat yang terdapat banyak sisa-sisa dan remahan makanan. Ini karena sisa makanan tersebut menjadi sumber nutrisi yang berguna bagi pertumbuhan telur-telurnya.

Jadi, jangan sekali-sekali membiarkan sisa makanan berserakan, ya, teman-teman. Apalagi membiarkan piring kotor semalaman. Piring kotor yang menumpuk di wastafel seringkali memancing kecoak untuk datang, lo.

Baca juga : Rahasia Kecoak Bisa Hidup Tanpa Kepala

2. Sisa Makanan Hewan Peliharaan

Bukan hanya sisa makanan kita, tapi juga sisa makanan hewan peliharaan memancing kecoak untuk datang. Sebagian orang seringkali membiarkan begitu saja makanan hewan peliharaan yang tidak habis.

Keadaan ini membuat kecoak datang menggigiti sisa makanan tadi.

3. Rumah yang Lembab dan Gelap

Selain tempat yang banyak remahan makanan, kecoak juga suka dengan tempat yang lembap dan gelap. Misalnya ada lemari di rumah kita yang posisinya tidak teratur dan memiliki sedikit celah.

Maka dari celah lemari yang sulit dijangkau itu, tercipta tempat yang gelap dan lembap. Begitu juga dengan rak buku, tumpukan kardus, atau rak baju yang berantakan. Tempat tersebut sangat cocok bagi kecoak untuk bersarang.