Mengapa Sandaran Tangan Harus Diturunkan Saat Pesawat Akan Lepas Landas atau Mendarat?

By Yomi Hanna, Sabtu, 23 Desember 2017 | 07:40 WIB
Kenapa sandaran tangan harus diturunkan saat pesawat lepas landas dan mendarat? (Hanna Vivaldi)

Bobo.id - Saat pesawat akan lepas landas atau mendarat, biasanya ada beberapa informasi yang disampaikan ke seluruh penumpang melalui pengeras suara. Salah satunya adalah meminta setiap penumpang yang menaikkan sandaran tangan untuk menurunkannya.

Kenapa sandaran tangan harus diturunkan saat lepas landas atau mendarat, ya?

Menggunakan Prinsip Hukum Newton Pertama

Jawaban dari pertanyaan ini, dapat kita temukan dari penjelaskan Sebastian Bouevier, yang bekerja sebagai instruktur Safety & Emergency Procedures untuk sebuah maskapai penerbangan besar.

Biuevier mengutip hukum Newton pertama yang isinya “benda diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak, dengan kecepatan yang sama dan dalam arah yang sama. Kecuali dipengaruhi oleh gaya yang tidak seimbang.”

Baca juga : Hal yang Dialami Tubuh Saat Naik Pesawat

Dapat Terlempar dan Mencelakakan Penumpang

Maksudnya adalah, jika sandaran tangan di pesawat berada dalam posisi berdiri atau terangkat, maka sandaran tangan tersebut bisa saja bergerak atau terlempar dengan kecepatan yang sama ketika pesawat meluncur naik saat lepas landas atau berhenti mendadak saat mendarat.

Sebagai informasi yang perlu kita ketahui, kecepatan pesawat untuk lepas landas dan mendarat itu adalah 135 sampai 155 knot. Ini sama dengan 250 sampai 287 km/jam.

Baca juga : Mengapa Ada Lubang Kecil Pada Jendela Pesawat?

Demi Keselamatan Penumpang

Jadi, bisa kita bayangkan jika sandaran tangan tidak diturunkan, maka sandaran tangan itu dapat membentur kita dengan kecepatan yang sama saat pesawat lepas landas ataupun mendarat, yaitu sekitar 135 knot.