Hidangan Mi dari Indonesia (bag. 2)

By willa widiana, Selasa, 26 Desember 2017 | 07:55 WIB
Mi Onglok dan Sate (willa widiana)

Bobo.id – Teman-teman, kita lanjutkan, yuk, pembahasan tentang hidangan mi dari Indonesia.

Mi Kocok

Kota Bandung punya sajian mi yang terkenal bernama mi kocok. Hidangan ini berisi mi kuning, taoge, dan irisan kikil sapi yang disiram dengan kaldu sapi yang gurih dan kental.

Beberapa penjual mi kocok biasanya menambahkan sumsum sapi ke dalam hidangan ini.

Di kota bandung, cukup banyak orang yang menjajakan hidangan ini. Jadi, Teman-teman bisa membelinya dengan mudah. O iya, hidangan ini akan semakin lezat jika kita menambahkan perasan jeruk nipis dan juga sambal pedas.

Baca Juga: Mi Ini Pernah Jadi Simbol Patriotisme di Thailand

Mi Koclok

Selain Bandung, Cirebon juga punya hidangan berbahan dasar mi. Namanya mi koclok. Hidangan ini terdiri dari mi rebus, kol, dan taoge yang disiram dengan kuah kental berwarna putih.

O iya, kuah itu terbuat dari kaldu ayam, santan, dan tepung maizena. Tepung inilah yang membuat kuah mi koclok kental. Biasanya, mi koclok disajikan dengan ayam suwir, telur rebus, daun bawang, dan bawang goreng dibagian atasnya.

Mi Jawa

Selain gudeg, Teman-teman juga harus mencicipi mi jawa saat berkunjung ke Yogyakarta. Hidangan yang terdiri dari mi, ayam, kol, telur, dan juga tomat ini bisa disajikan dengan dua cara, yakni bakmi rebus (godhog) dan bakmi goreng (nyemek).

Teman-teman tinggal pilih saja mana yang paling Teman-teman suka. O ya, di tempat asalnya, hidangan ini masih diolah menggunakan anglo (tungku tanah liat) dan arang, lo.

Baca Juga: Mi Tarempa, Olahan Mi Lezat Asal Kepulauan Riau

Mi Onglok