Tips Merawat Gigi

By Aan Madrus, Jumat, 29 Desember 2017 | 06:06 WIB
Foto (Aan Madrus)

Bobo.id - Ada yang pernah sakit gigi? Duh, rasanya sakit sekali. Nah, supaya kita terhindar dari sakit gigi, kita harus merawat gigi dengan benar. Ini tipsnya!

Sikatlah gigi sedikitnya  2 x sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lebih baik lagi kalau kita juga menyikat gigi setelah makan siang.

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan 20 -30 menit setelah makan. Karena saat kita makan, pH air liur turun. Kalau kita menggosok gigi ketika pH aai liur rendah, akan membuatemail gigi rusak.

pH air liur akan kembali normal, 20 -30 menit setelah makan.  

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Merusak Gigi

Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang pas dimulut. Selain nyaman dipakai, sikat gigi yang pas dimulut bisa menjangkau semua sudut dalam mulut. 

Tambahkan pasta gigi yang terjamin kualitasnya yang benar-benar bisa melindungi gigi.

Jangan menyikat dengan cepat dan keras. Sikatlah gigi antara 2 -3 menit. Begini caranya:

  1. Mulailah menyikat gigi bagian depan. Jangan menyikat gigi dari arah kiri ke kanan, tapi lakukan dari atas ke bawah dan sebaliknya sambil diputar-putar. Agar kotoran yang berada di sela-sela gigi dapat dibersihkan.
  2. Sekarang sikat gigi bagian samping kiri dan kanan. Masih dari arah atas ke bawah sambil diputar-putar.
  3. Setelah itu bukalah mulut. Mulailah menyikat permukaan gigi geraham atas dan bawah, kiri dan kanan. Gerakannya dari belakang ke depan ke belakang lagi.
  4. Sikatlah bagian belakang gigi dengan perlahan-lahan.

Bila ada makanan yang terselip di antara gigi, jangan menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkannya. Sebaiknya gunakan floss. Floss adalah tali yang halus khusus untuk membersihkan gigi.

Cara memakainya begini! Lilitkan kedua ujung floss pada jari tengah tangan kiri dan tangan kanan kita. Jarak kedua jari tengah kira-kira 4-5 cm. Selipkan floss di antara gigi.

Baca juga: Buah yang Dapat Memutihkan Gigi

Lalu tarik floss sedemikian rupa sampai makanan yang terselip ikut tertarik keluar.