Mengapa Kentang Goreng Berkurang Kelezatannya Ketika Dingin?

By Yomi Hanna, Minggu, 31 Desember 2017 | 06:34 WIB
Kelezatan kentang goreng berkurang ketika dingin (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Apakah teman-teman menyukai kentang goreng? Hidangan pelengkap ini memang sangat nikmat disantap selagi hangat. Namun, saat dingin, kelezatannya menjadi berkurang. Apa penyebabnya?

Terjadi Perubahan Struktur

Menurut Matt Hartings, seorang asisten profesor kimia di American University di Washington, D.C, salah satu alasan mengapa kentang goreng tidak terasa nikmat lagi ketika sudah dingin adalah karena adanya perubahan strukturnya.

Perubahan struktur kentang ini terkait dengan zat kimiawi yang terdapat pada kentang. Hartings menjelaskan bahwa kentang itu kaya akan zat pati. Ketika terhidrasi dengan baik, maka zat pati itu terasa lezat.

Baca juga : Kenapa Kentang Goreng Bikin Kita Ketagihan?

Kentang Goreng Renyah Sesaat Setelah Dimasak

Zat pati pada kentang diumpakan seperti bola Kristal kecil. Pada suhu yang sangat tinggi, misalnya saat kentang digoreng, air akan terserap ke dalam bola tersebut. Ini membuatnya menggelembung penuh seperti balon.

Kentang goreng yang baru dihidangkan selagi hangat memiliki tekstur yang padat, garing, dan renyah. Kebanyakan orang menyukai kentang goreng saat teksturnya seperti ini.

Ketika kentang Goreng Menjadi Dingin

Nah, ketika kentang goreng menjadi dingin, air yang ada di dalam ‘balon’ tadi pun mulai merembes keluar dan mengempis. Ini artinya, air dalam zat pati itu perlahan-lahan keluar, sehingga kentang goreng menjadi kaku, kasar, dan basah.

Baca juga : 7 Makanan yang Tercipta Tanpa Sengaja

Suhu dan Aroma Juga Memengaruhi Kelezatan Kentang Goreng