7 Keajaiban Otak Remaja

By willa widiana, Sabtu, 30 Desember 2017 | 10:27 WIB
7 Keajaiban Otak Remaja (willa widiana)

Bobo.id – Berapa umur Teman-teman? Sebelas atau dua belas tahun? Wah, ternyata otak kita ajaib sekali, lo, saat usia 11 dan 12 tahun. Mau tahu?

Keajaiban 1

Para ahli menggolongkan manusia berusia 11 sampai 19 tahun sebagai remaja. Dulu ilmuwan mengira, pertumbuhan otak besar-besaran hanya terjadi saat bayi.

Namun, ternyata, otak manusia juga mengalami ledakan pertumbuhan saat remaja.

Benang-benang syaraf tiba-tiba terhubung satu sama lain ketika remaja.  Sayangnya, pertumbuhan itu mengakibatkan masa remaja sebagai masa yang membingungkan.

Keajaiban 2

Salah satu  hormon yang muncul di otak remaja adalah hormon oxytocin. Wah, gara-gara hormon ini kita jadi suka merasa ge-er. Kita merasa tiap orang memerhatikan kita.

Mulai dari hidung, rambut, kaki, bentuk tubuh, dan semuanya. Akibatnya, kita pun jadi sibuk memerhatikan diri sendiri dan berusaha tampil menarik. Dan yang lebih parah, hormon oxytocin menyebabkan kita jadi sensitif dan mudah tersinggung.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Otak

Keajaiban 3

Sering mendengar ungkapan tidur seperti bayi? Hmm, ungkapan itu menandakan bayi suka tidur. Ssst, ternyata remaja juga suka tidur. Pertumbuhan otak yang luar biasa menyebabkan tubuh remaja butuh tidur 9-10 jam.

Keajaiban 4

Katanya, remaja suka kesal pada ayah ibunya. Banyak yang bilang kita tidak suka nonton atau ngobrol bareng orang tua. Kita lebih suka ngobrol bareng teman. Hmm, ternyata hal itu tidak benar.