3 Januari 1946, Awal Mula Adanya Pasukan Pengamanan Presiden

By Cirana Merisa, Rabu, 3 Januari 2018 | 05:01 WIB
Istilah paspampres baru ada pada saat Pak Soeharto menjadi presiden. (Cirana Merisa)

Bobo.id – Teman-teman ada yang tahu paspampres

Paspampres atau pasukan pengamanan presiden merupakan pasukan yang bertugas mengawal presiden. Nah, bagaimana ya awal mulanya dibentuk paspampres?

Setelah Kemerdekaan

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah kemerdekaan, ternyata masih ada orang-orang Indonesia yang mendukung Belanda.

Pada akhir tahun 1945, suasana di Jakarta itu seram, lo. Banyak penyerangan yang dilakukan kelompok pendukung Belanda dengan kelompok pendukung kemerdekaan.

Suasana ini membuat Presiden Soekarno beserta Wakil Presiden Mohammad Hatta dan seluruh pejabat negara harus menghadapi keadaan berbahaya.

Karena itulah, Presiden Soekarno memberikan perintah rahasia menyiapkan rangkaian kereta api untuk menyelamatkan para petinggi negara.

Baca juga: Dua Presiden Indonesia Ada di Museum Madame Tussauds Hong Kong!

Perjalanan Kereta Api

Pada tanggal 3 Januari 1946, Presiden Soekarno memutuskan untuk memindahkan ibukota dari Jakarta ke Yogyakarta.

Semua pejabat negara dan keluarga juga ikut pindah ke Yogyakarta, lo. Mereka pindah menggunakan kereta api rahasia tadi yang disebut juga Kereta Luar Biasa (KLB).

Kereta api itu jalannya sekitar 25 kilometer per jam tanpa lampu yang menyala. Bukan karena keretanya rusak atau sudah tua, kereta itu berjalan lambat agar tidak menarik perhatian para pencegat kereta.

Bisa gawat kalau kereta itu dicegat, isinya ada pejabat negara bahkan presiden dan wakil presiden.