Mengenal Obesitas dan Cara Mencegahnya

By willa widiana, Senin, 8 Januari 2018 | 06:02 WIB
Mengenal Obesitas Lebih Dekat (willa widiana)

Bobo.id – Teman-teman pasti sering mendengar kata obesitas. Sebenarnya obesitas itu apa? Lalu, kenapa orang bisa terkena obesitas?

Daripada penasaran, bagaimana kalau kita kenali obesitas lebih dekat? Ayo kita mulai!

Lemak Berlebih

Obesitas adalah keadaan tubuh yang tidak ideal (pas) karena memiliki lemak berlebih. Jika dibiarkan terus-menerus, obesitas bisa menimbulkan banyak penyakit. Mulai dari gangguan sesak napas, kolesterol, hingga darah tinggi.

Baca Juga: Junk Food, Lezat tapi Berbahaya!

Kalori Berlebih

Obesitas bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak, daripada kalori yang keluar dari tubuh. Karena tidak dikeluarkan dari tubuh, kalori itu menumpuk dan berubah menjadi lemak.

Namun, Teman-teman tidak usah khawatir. Obesitas bisa dicegah dengan beberapa cara, seperti:

1. Makan buah dan sayur, dua makanan ini rendah kalori.

Supaya tubuh kita tidak kebanyakan kalori, perbanyaklah makan buah dan sayur. Selain rendah kalori, buah dan sayur juga lebih sehat, lo! Berbeda dengan minuman bersoda dan makanan cepat saji.

Kedua makanan itu mengandung kalori yang tinggi, makanya tidak sehat untuk tubuh kita.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Mengganggu Otak

2. Bergerak, kalori yang ada di tubuh kita bisa dikeluarkan dengan cara menggerakkan tubuh. Supaya tubuh kita bergerak, bermainlah di luar rumah dengan Teman-temanmu.

Jika sedang tidak ada teman, kita bisa membantu ayah atau ibu di rumah. Membantu ibu membersihkan halaman atau membantu ayah mencuci kendaraan bisa membuat tubuh kita bergerak, lo!