Mengenal Lalat Tse Tse yang Bisa Menyebabkan Penyakit Tidur

By Yomi Hanna, Kamis, 4 Januari 2018 | 04:31 WIB
Lalat Tse Tse (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Apakah teman-teman tahu lalat tse tse? Lalat ini berbeda dari lalat-lalat lain yang sering kita lihat, karena ia bisa menyebabkan seseorang menjadi mengantuk. Kok, bisa, ya?

Lalat yang Hidup di Afrika Tengah

Dilansir dari laman mediskus.com, lalat tse tse merupakan jenis lalat yang hanya ada di benua Afrika, tepatnya di Afrika Tengah. Di sana, terdapat kurang lebih 20 spesies lebih lalat tse tse yang jenisnya sudah diketahui.

Baca juga : Sleeping Beauty di Kehidupan Nyata

Bagian Tubuh Lalat Tse Tse

Dilihat sekilas, bentuk lalat tse tse berbeda dari lalat pada umumnya.

Di bagian kepala lalat tse tse terdapat sepasang mata majemuk yang besar dan di bagian punggungnya terdapat sepasang sayang yang transparan.

Tapi jika dilihat secara teliti, terlihat perbedaan lalat tse tse yang tidak kita temukan pada jenis lalat lain.

Lalat tse tse memiliki ciri fisik khusus berupa moncong atau proboscis yang panjang seperti jarum terdapat di bagian kepalanya.

Ia juga memiliki tubuh berwarna kemerahan dan sayap yang posisinya terlipat rata di atas punggungnya. Sayap itu tidak terlihat menonjol seperti sayap lalat rumahan yang biasa kita lihat.

Penyakit Tidur yang Populer di Afrika

Lalat tse tse bisa menyebabkan penyakit tidur atau disebut juga dengan Trypanosomiasis. Penyakit tidur ini memang jarang kita dengar terjadi di Indonesia, tapi penyakit ini populer di Afrika.