Makanan Enak dan Terkenal dari Kota Padang

By willa widiana, Minggu, 7 Januari 2018 | 08:48 WIB
Makanan Enak dan Terkenal dari Kota Padang (willa widiana)

Bobo.id – Kota Padang memiliki beragam makanan, mulai dari yang berkuah hingga yang kering. Dari sekian banyak makanan padang, ada beberapa makanan padang yang enak dan terkenal.

Sate Padang

Sate padang terbuat dari daging sapi dan jeroan yang dipotong dadu. Sate padang biasanya disajikan dengan potongan ketupat atau nasi putih.

O iya, tusukan sate dan ketupat itu biasanya disiram dengan bumbu kuning.

Bumbu kuning kental itu terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kaldu, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari, dan garam.

Namun, ada juga sate padang yang disiram dengan bumbu kental yang berwarna merah.

Baca Juga: Sate Padang, Makanan Minang yang Tak Kalah Enak

Gulai Itiak

Gulai itiak atau dikenal dengan gulai itik merupakan salah satu makanan khas dari Padang. Masakan ini mempunyai warna hijau yang khas dan rasanya juga cukup pedas. Bebek yang digunakan biasanya bebek sawah.

Untuk membuat masakan ini, daging bebek yang digunakan biasanya akan diiris tipis-tipis. Setelah itu, daging dimasak dengan berbagai rempah, seperti cabe hijau kriting, laos, kunyit, dan jahe.

O iya, negara Tiongkok juga punya hidangan spesial berbahan dasar bebek, lo.

Baca Juga: Perdagangan Telur Penyu di Pantai Padang

Soto Padang

Selain gulai itiak, Kota Padang juga punya hidangan yang lain, seperti soto padang. Makanan dengan kuah bening ini biasanya berisi irisan daging sapi, bihun, tomat, perkedel, dan juga kol.