Mengenal Burung Myzomela irianawidodoae, Namanya Diambil dari Nama Ibu Iriana Widodo

By Yomi Hanna, Rabu, 10 Januari 2018 | 08:01 WIB
Myzomela irianawidodoae (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Ada kabar gembira yang datang dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), lo, teman-teman.

Telah ditemukan jenis baru dari spesies burung di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

O iya, yang unik dari spesies ini adalah namanya. Sebab namanya diambil dari nama Ibu Negara kita, Iriana. Kok bisa, ya?

Bentuk Penghargaan

Penggunaan nama Ibu Iriana ini telah disetujui oleh Pak Presiden Joko Widodo melalu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Sekretaris Negara.

Burung tersebut diberi nama Myzomela irianawidodoae, beradasarkan Surat Nomor B 1199/M.Sesneg/D-2/HL.01.00/12/2017 tertanggal 17 Desember 2017.

Baca juga : 4 Burung Langka dari Indonesia Tengah

Pemberian nama burung endemik (asli Indonesia) dengan nama Ibu Negara ini adalah sebuah bentuk penghargaan kepada Ibu Negara karena telah memberi perhatian kepada kehidupan burung di Indonesia.

Burung yang Dilindungi

Burung Myzomela irianawidodoae ini termasuk ke dalam keluarga Meliphagidae. Ini artinya burung ini masuk dalam daftar burung yang dilindungi oleh undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan PP Nomor 7 Tahun 1999.

Baca juga : Burung Jenjang, Burung Bermahkota

Ciri-ciri Burung Myzomela irianawidodoae