Mengenal Listeria, Bakteri yang Bisa Menghilangkan Nyawa Manusia

By Felixia Amanda, Selasa, 27 Maret 2018 | 05:15 WIB
Rockmelon. (Felixia Amanda)

Bobo.id – Beberapa waktu lalu, terdapat beberapa orang yang meninggal setelah makan rockmelon (cantaloupe) atau melon kuning.

Di dalam buah melon kuning ini ternyata terdapat bakteri Listeria monocytogenes. 

Hmm.. bakteri apa, ya, itu? Yuk, kita cari tahu! 

BACA JUGA: Ini Bahayanya Jika Makanan dan Minuman Tidak Ditutup

Bagaimana Bakteri Ini Bisa Masuk ke Dalam Tubuh?

Infeksi bakteri Listeria monocytogenes dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi, hingga feses ternak.

Bakteri berbahaya ini bisa menyerang siapa saja jika mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri ini dalam jumlah besar.

Salah satu contoh kasus infeksi bakteri ini terjadi di Australia. Bakteri Listeria monocytogenes ternyata terdapat pada rockmelon yang dijual di Negeri Kangguru ini. 

Bakteri ini bisa sangat berbahaya bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, orang lanjut usia, penderita penyakit ginjal, dan penyakit yang lainnya.  

Jika bakteri ini menginfeksi tubuh, maka orang yang terinfeksi tersebut akan mengalami pusing, mual, dan leher kaku, serta diare.

Lalu, jika bakteri ini menyebar sampai ke saraf, maka penderita akan mengalami sakit kepala, kaku pada leher, kehilangan keseimbangan, dan terkadang mengalami kejang.

Bagi orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, bakteri Listeria monocytogenes ini dapat menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan infeksi pada otak.