Hiu, Hewan yang Dianggap Kejam, Namun Dibutuhkan Makhluk Laut

By willa widiana, Kamis, 31 Mei 2018 | 16:00 WIB
Mengenal Hiu Lebih Dekat, Yuk! (pixabay.com)

Bobo.id – Hiu adalah salah satu predator laut yang menduduki puncak rantai makanan di laut.

Kira-kira seperti apa, ya, kehidupan predator laut itu? Langsung kita cari tahu saja, yuk!

Keluarga Besar

Hiu termasuk penghuni laut yang memiliki keluarga besar. Di Bumi, ada lebih dari 400 jenis hiu, 117 jenisnya ada di Indonesia.

Keluarga hiu ini memiliki ukuran yang beragam, ada yang kecil seperti hiu katal pigmi dan ada yang besar seperti hiu paus. Panjang hiu paus, bisa menyamai panjang sebuah bus, lo.

BACA JUGA: Benarkah Megalodon yang Merupakan Hiu Purba Raksasa, Masih Hidup?

Selain memiliki ukuran yang beragam, keluarga besar hiu ini juga memiliki sifat yang beragam, ada yang ganas seperti hiu putih dan ada yang lembut seperti hiu paus.

O iya, makanan keluarga besar hiu juga beragam, lo. Hiu putih yang terkenal ganas biasanya makan ikan dan hewan-hewan lain, seperti anjing laut. kalau hiu paus biasanya makan hewan-hewan kecil yang ada di air.

O iya, Bobo hampir lupa, seekor hiu hanya melahirkan 5-10 anak dalam dua – tiga tahun. Jadi, perkembang biakannya termasuk lama.

Kehidupannya Terancam

Meski memiliki keluarga besar dan termasuk ke dalam predator laut, kehidupan hiu sebenarnya terancam, lo, teman-teman.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), 1 spesies hiu sudah masuk ke dalam kategori sangat terancam punah.

Lalu, 5 spesies hiu masuk ke dalam kategori terancam punah, 23 spesies hiu masuk ke dalam kategori rawan punah, dan 35 spesies hiu masuk ke dalam kategori hampir terancam.