Kendaraan Layanan Penyembuhan Sapi, Ambulans Khusus untuk Sapi

By willa widiana, Jumat, 15 Juni 2018 | 12:15 WIB
Sapi di India punya ambulans khusus. (Pixabay)

Bobo.id - Ambulans biasanya digunakan untuk membawa pasien ke rumah sakit. Pasien yang dimaksud adalah manusia. Namun kalau di India, ada ambulans khusus sapi, lo!

Sapi Sebagai Hewan Suci

Bagi umat Hindu di India sapi adalah hewan yang suci. Dalam Kita Suci agama Hindu, sapi dianggap setara kehidupannya dengan manusia.

Sapi juga dianggap sebagai lambang kelimpahan dan ibu kedua bagi manusia. Sebabnya, sapi dipandang telah melayani manusia tanpa lelah dan pamrih.

Oleh karena itulah, hewan ini sangat dihargai dan dihormati di India. Orang India pun jarang mengkonsumsi daging sapi.

BACA JUGA: Nilgai, Sapi Biru yang Mirip Aneka Mamalia Lain

Ambulans Khusus Sapi

Oleh karena kesuciannya, hewan ini mendapat perlakuan istimewa dari masyarakat India. Salah satunya adalah punya ambulans khusus.

Ambulans ini diberikan oleh pemerintah negara bagian India, Uttar Pradesh. Tujuannya, agar sapi dapat lebih terlindungi. Ambulans ini disebut juga Kendaraan Layanan Penyembuhan Sapi.

Ambulans ini bertugas menyelamatkan sapi yang sakit, terluka, depresi atau terlantar. Sapi yang membutuhkan bantuan akan dibawa ke tempat penampungan khusus atau ke rumah sakit hewan.

Ambulans ini pun dilengkapi dengan dokter dan perlengkapan medis. Jika ingin memanggil ambulans ini tinggal menghubungi nomor bebas pulsa.

BACA JUGA: Cergam Bona: Tak Perlu Ambulans

Hukuman Bagi yang Menelantarkan