Tips Memilih dan Menggunakan Tas Sekolah dengan Tepat, Sudah Tahu?

By Putri Puspita, Selasa, 26 Juni 2018 | 12:30 WIB
Memilih Tas Sekolah (Putri Puspita)

Bobo.id – Tas sekolah bukan hanya untuk bergaya atau sekadar tempat meletakkan buku. Model dan bahan tas sekolah bisa mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan belajar.

Salah memilih atau menggunakan tas bisa menimbulkan cedera bahkan sampai kelainan bentuk tulang belakang. Jadi, penting sekali untuk memilih dan menggunakan tas sekolah.

Model dan Bahan

Model tas yang disarankan untuk dijadikan tas sekolah adalah tas ransel atau tas gendong. Model ini memungkinkan keseimbangan beban antara tubuh bagian kiri dan bagian kanan.

Pilihlah tas gendong yang memiliki bantalan pada bagian punggung dan bahu sehingga lebih nyaman dan badan kita terlindungi dari kemungkinan tertusuk benda dari dari dalam tas.

Selain itu, tas dengan tambahan tali untuk diikat ke pinggang juga disarankan sehingga beban tas dapat disebar ke seluruh bagian tubuh.

BACA JUGA: Ingin Semangat Sekolah di Pagi Hari? Yuk, Lakukan Ini!

Ukuran Tepat

Coba perhatikan ukuran tas sekolahmu!

Ukuran tas yang disarankan oleh dokter anak, dr. Kathryn Mcleod, dari Georgia Health Sciences System, adalah maksimal 75% dari punggung atau dari pinggang sampai bahu.

Tas sekolah yang lebih besar daripada itu apalagi penuh berisi barang bawaan dapat mengganggu kesehatan tulang.

Ukuran tas juga harus sejalan dengan ruang-ruang yang tersedia di dalam tas. Pilihlah tas yang memiliki beberapa kantong di dalamnya.