Makanan Khas dari Berbagai Daerah Indonesia yang Berbahan Tahu

By willa widiana, Minggu, 29 Juli 2018 | 12:30 WIB
Tahu Campur (Sajian Sedap)

Bobo.id – Tahu merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Sebenarnya, makanan ini berasal dari Tiongkok, namun sekarang tahu sudah menjadi salah satu makanan khas Indonesia.

Bahkan, ada beberapa makanan khas di beberapa daerah yang berbahan dasar tahu. Ada makanan apa saja? Yuk, cari tahu!

BACA JUGA:Tempe Goreng Tepung dan Tempe Mendoan, Mirip tapi Tidak Sama

Tahu Campur, Surabaya

Selain tahu tek, Surabaya juga punya hidangan bernama tahu campur. Kuliner yang satu ini terdiri dari sop daging sapi, perkedel, tahu goreng, tauge, selada air, dan mi kuning.

Semua bahan itu akan dicampurkan ke dalam bumbu petis. O iya, tahu campur biasanya diberikan pelengkap berupa bawang goreng, sambal, dan kerupuk.

Makanan yang satu ini dijual oleh pedagang kaki lima, jadi teman-teman bisa mendapatkannya dengan cukup mudah. Warung kaki lima yang menjual tahu campur biasanya menuliskan “Tahu Campur Lamongan” dalam tendanya.

BACA JUGA:Kenapa Kemasan Makanan Ringan Diisi Udara Sampai Mengembung?

Tahu Tek, Surabaya

Makanan ini terdiri dari tahu setengah matang, lontong, kentang goreng, taoge, dan irisan mentimun yang disiram dengan bumbu.

Bumbu tahu tek terbuat dari petis, kacang tanah, cabai, bawang putih, dan air matang secukupnya. Biasanya tahu tek ini dimakan dengan kerupuk udang yang berukuran kecil.

O iya, tahu, lontong, dan kentang dalam makanan ini dipotong menggunakan  gunting. Saat proses pemotongan itu muncul suara “tek tek tek”. Nah, suara itulah yang akhirnya dijadikan nama untuk kuliner unik yang satu ini.