Adakah Mamalia yang Bisa Terbang Seperti Burung? Cari Tahu Jawabannya di Sini

By willa widiana, Rabu, 24 Oktober 2018 | 11:42 WIB
Kelelawar Hantu (Creative Commons - Sardaka)

Bobo.id – Hewan itu beragam. Karena itu, hewan bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, misalnya mamalia, aves, insect, dan masih banyak lagi.

Hewan yang masuk ke dalam kelompok mamalia terkenal karena mereka berkembangbiak dengan cara melahirkan. Mereka juga terkenal karena menyusui anaknya.

Baca Juga : Mamalia Lainnya Suka Makan Rumput, Kenapa Manusia Tidak, ya?

Hewan yang masuk ke dalam kelompok aves terkenal karena mereka bisa terbang. Kalau hewan yang masuk kelompok serangga terkenal bisa terbang dan berkaki enam.

Namun, pernahkah teman-teman bertanya, adakah mamalia yang bisa terbang? Ternyata jawabannya ada. Kira-kira, mamalia apa yang bisa terbang?

Kelelawar

Pada zaman dulu, orang-orang menganggap kelelawar sebagai burung yang tidak berbulu. Kelelawar dianggap burung karena bisa terbang.

Namun, seiring berjalannya waktu, kita tahu kalau kelelawar itu bukan hewan yang masuk kelompok aves (burung), melainkan hewan kelompok mamalia.

Baca Juga : Banyak yang Bingung, Hiu Paus Itu Ikan atau Mamalia, ya?

Kelelawar berdarah hangat, menyusui anaknya, dan berkembangbiak dengan cara melahirkan. Itu adalah bukti kalau kelelawar adalah hewan kelompok mamalia.

Meski masuk ke dalam kelompok mamalia, kelelawar punya keistimewaan, lo, teman-teman. Kelelawar bisa mengepakan sayapnya dan terbang di udara seperti para burung.

Tupai Terbang (Creative Commons - Dega180)
Adakah Mamalia Lain yang Bisa Terbang?

Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang seperti burung. Namun, ada mamalia lain yang bisa mengapung di udara, tapi tidak terbang.