Mengenal Air Traffic Control, Pemandu Lalu Lintas Udara untuk Pesawat

By Tyas Wening, Senin, 29 Oktober 2018 | 13:50 WIB
Air Traffic Control (Pixabay)

Bobo.id - Pesawat Lion Air JT 610 yang terbang dari Jakarta menuju Pangkal Pinang dikabarkan hilang kontak pagi ini, Senin (29/10/2018).

Pesawat Lion Air dikabarkan hilang kontak dengan Air Traffic Control (ATC) setelah 13 menit terbang dan tak lama setelahnya, pesawat ini dipastikan jatuh di sekitar laut dekat karawang, Jawa Barat.

Kabar hilang kontaknya pesawat ini pertama kali diketahui oleh para petugas Air Traffic Control, tapi bagaimana petugas ATC bisa mengetahui dan melakukan kontak dengan pilot pesawat, ya?

Air Traffic Control atau ATC adalah layanan yang pengaturan lalu lintas udara bagi pesawat dan dilakukan oleh petugas air traffic controller atau pemandu lalu lintas udara.

Baca Juga : Besarnya Hanya Seujung Pensil, Ini Fungsi Lubang Kecil di Jendela Pesawat

Petugas ATC bekerja di gedung tinggi atau tower untuk Aerodrome Control Tower, tujuannya agar mudah melihat keadaan landasan pesawat (runway) dengan jelas, nih.

Jika teman-teman melewati sebuah bandara atau sedang berada di bandara, teman-teman akan mudah menemukan gedung ATC, lo, karena gedung ini merupakan gedung yang paling tinggi yang ada di area bandara.

Nah, gedung ATC sendiri terdiri dari 3 bagian, yaitu Aerodrome Control Service (TWR), Approach Control Service (APP), dan Area Control Service (ACC).

Di bagian Aerodrome Control Service (TWR) bekerja sama dengan Ground Control atau petugas lalu lintas pesawat di darat.

Bagian TWR akan memberikan izin terbang "clear for take-off" dan izin mendarat "clear to land" kepada setiap pesawat.

Baca Juga : Catat! Inilah Daftar Makanan yang Bisa Dibawa ke Dalam Pesawat