Bobo.id - Ketika mengerjakan tugas yang bentuknya seperti buku atau cukup tebal menggunakan Microsoft Word, apakah teman-teman pernah kesulitan dalam cara membuat daftar isi?
Daftar isi dalam buku atau tugas kita berguna agar hal yang penting atau ingin dibaca lebih mudah dicari.
Pada bagian daftar isi, terdapat judul bab atau sub-bab halaman dan angka yang menunjukkan pada halaman berapa judul itu berada.
Namun pada aplikasi pengolah kata di koputer atau laptop, seperti Microsoft Word, daftar isi kadang sulit dibuat.
Nah, kali ini Bobo akan menunjukkan cara membuat daftar isi dengan dua metode, yaitu secara otomatis dan secara manual.
Yuk, simak caranya agar kita mengetahui cara membuat daftar isi yang mudah untuk tugas kita!
Baca Juga: Kapan Terakhir Kali Membersihkan Bantalmu? Selain Sprei, Bantal Juga Harus Diganti
Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word
Untuk membuat daftar isi melalui Micrososft Word bisa dilakukan secara otomatis, teman-teman.
Biasanya, cara ini dilakukan kalau ada banyak halaman dengan bab atau sub-bab.
Langkah pertama adalah dengan menggunakan fitur Heading yang terletak di bagian atas pada Mcrosoft Word.
Pengaturan ini dilakukan supaya setiap bab maupun sub-bab pada tugas kita bisa terbaca oleh Microsoft Word.
Baca Juga: Ponsel Android Hilang? Tenang, Ikuti Cara Melacak Keberadaan Ponselmu Melalui Gmail Ini
Nah, kita bisa mengatur Heading dari fitur Styles yang ada di bagian Home pada Microsoft Word.
Kemudian, pilih Heading 1 di bagian atau bab utama, sedangkan pada sub-bab pilihlah Heading 2.
Teman-teman bisa melakukan ini pada setiap bab dan sub-bab halam tugas yang sedang dikerjakan.
Baca Juga: Ingin Baterai Ponselmu Cepat Penuh? Ikuti 4 Cara Mudah Ini Saat Sedang Mengisi Dayanya
Setelah Heading pada setiap bab dan sub-bab sudah diatur, kemudian pilih menu References di bagian atas pada menu Home, lalu pilih Table of Contents.
Kemudian kita cukup memilih pilihan Automatic Table 1 atau Automatic Table 2, yang rinciannya bisa diubah atau ditambahkan pada bagian daftar isi.
Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual di Microsoft Word
Selain dengan cara otomatis, membuat daftar isi juga bisa dilakukan dengan cara manual, teman-teman.
Biasanya, cara membuat daftar isi secara manual ini dilakukan jika tugas kita tidak terdapat terlalu banyak bab atau sub-bab.
Langkah pertama untuk membuat daftar isi secara manual ini adalah dengan mengatur right tab.
Agar right tab ini bisa muncul di halaman Microsoft Word, maka tampilkan dulu fitur Ruler di bagian View pada pilihan Home.
Baca Juga: WhatsApp Akhirnya Resmi Luncurkan Fitur Dark Mode, Ada yang Sudah Mencoba?
Nah, kalau Ruler sudah ditampilkan, maka lambang Right Tab akan muncul di bagian pojok kiri atas.
Posisi Right Tab bisa diatur melalui Ruler, yang akan kita gunakan untuk meletakkan nomor halaman, kemudian klik dua kali pada Tab yang ada di pojok kiri atas, yang berguna untuk membuat batas titik-titik pada daftar isi agar berhenti.
Langkah terakhir untuk membuat cara daftar isi secara manual ini adalah dengan memasukkan judul bab atau sub-bab dari tugas yang kita kerjakan, menekan tombol Tab untuk memunculkan titik-titik, kemudian ketikkan nomor halaman yang sesuai dengan judul halaman.
----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id
Yuk, tonton video ini juga!
Penulis | : | Tyas Wening |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR