Bobo.id – Apa teman-teman sudah pernah mempelajari tentang perbandingan dan skala dalam matematika?
Pada perbandingan dan skala, biasanya ada juga soal tentang perbandingan berbalik nilai.
Coba kita cari tahu bagaimana cara mengerjakan soal perbandingan berbalik nilai serta lihat contoh soalnya, yuk!
Perbandingan Berbalik Nilai
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat perbandingan berbalik nilai ini, lo.
Misalnya, saat kita akan makan pizza, biasanya pizza dipotong jadi 8 bagian. Kalau pizza itu dimakan sendirian, maka satu orang bisa mendapatkan 8 potong pizza.
Tapi, jika pizza itu dimakan oleh 4 orang, maka setiap orang mendapatkan 2 potong pizza.
Jadi, semakin banyak orang yang makan pizza, maka pembagian potongan setiap orang juga lebih sedikit.
Kemudian, bayangkan teman-teman mendapatkan tugas piket membersihkan kelas. Saat di kelas ada 4 orang anak, pekerjaan akan lebih cepat selesai dibandingkan jika hanya dikerjakan satu orang saja.
Artinya, semakin banyak anak-anak yang membersihkan kelas, maka waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kelas lebih sedikit.
Baca Juga: Cara Mengerjakan Soal Perbandingan dan Skala Matematika, Ini Rumus Skala dan Contoh Soalnya
Contoh Soal Perbandingan Berbalik Nilai
Kali ini, Bobo baru saja belajar dari tayangan Belajar dari Rumah yang ada di TVRI, nih.
Kita lihat, yuk! Contoh soalnya seperti apa!
Sebuah mesin, bisa menyelesaikan pekerjaan selama 12 jam. Jika ada 2 buah mesin, pekerjaan itu bisa selesai dalam waktu 6 jam.
Kemudian, kalau ada 3 buah mesin, pekerjaan itu bisa selesai dalam waktu 4 jam, dan jika ada 4 buah mesin, pekerjaan bisa selesai dalam waktu 3 jam.
Artinya, semakin banyak mesin yang ada, pekerjaan jadi bisa diselesaikan lebih cepat.
Untuk memahaminya, coba tuliskan banyaknya mesin pada perkerjaan pertama dikalikan lama pekerjaan mesin pertama sama dengan banyaknya mesin kedua dikalikan lama pekerjaan mesin yang kedua.
Jumlah mesin pertama x jumlah waktu pertama = jumlah mesin kedua x jumlah waktu kedua
Dari soal di atas, maka artinya:
1 x 12 = 2 x 6
Nah, ini adalah perbandingan berbalik nilai.
Sekarang, coba kerjakan latihan soal cerita berikut ini agar lebih paham, yuk!
Baca Juga: Cara Mengerjakan Soal Perkalian dan Pembagian Operasi Hitung Campuran Matematika
Cara Mengerjakan Soal Perbandingan Berbalik Nilai
Soal 1
Sebuah pekerjaan direncanakan selesai dalam waktu 24 hari jika dikerjakan oleh 15 orang pekerja.
Karena suatu hal, setelah pekerjaan tersebut berjalan selama 8 hari, pekerjaan tersebut dihentikan selama 6 hari.
Supaya pekerjaan tetap selesai tepat waktu, berapa jumlah pekerja yang harus ditambahkan?
Untuk menyelesaikan soal ini, kita catat dulu informasi yang tertera pada soal, yuk!
Dari soal, kita ketahui bahwa 24 hari = 15 pekerja
Namun, pada pelaksanaannya, 8 hari dikerjakan oleh 15 pekerja dan 6 hari pekerjaan berhenti. Artinya, masih ada sisa 10 hari untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana.
Namun, karena ada 6 hari libur, maka pekerja harus mengerjakan bobot pekerjaan 16 hari (sisa hari ditambah hari libur).
Maka:
16 hari = 15 pekerja
240 hari = 1 pekerja
10 hari = 24 pekerja
Jadi, pekerja tambahan yang dibutuhkan adalah 24 – 15 = 9 orang.
Baca Juga: Ilmu Matematika Berguna untuk Memasak, lo! Coba Cari Tahu, yuk!
Latihan Soal dan Pembahasan Perbandingan Berbalik Nilai
Simak soal cerita berikut ini, yuk! Soal ini terdapat pada tayangan Belajar dari Rumah di TVRI. Ayo, kerjakan sama-sama!
Pak Ridwan dapat menyelesaikan 15 pekerjaan dalam waktu 2 hari.
Berapa banyak pekerjaan yang bisa ia selesaikan dalam waktu 4 hari?
Pembahasannya:
15 pekerjaan dalam 2 hari = 15 : 2
= 7,5 pekerjaan
Maka, dalam waktu 4 hari = 7,5 x 4
= 30 pekerjaan.
Mudah, bukan? Ingat untuk memperhatikan soal dan hal apa yang ditanyakan, agar tidak keliru menghitungnya, ya!
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id
Yuk, lihat video ini juga!
Source | : | TVRI,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
Penulis | : | Avisena Ashari |
Editor | : | Avisena Ashari |
KOMENTAR