Bobo.id – Teman-teman masih semangat belajar dari rumahnya, kan? Berikut ini adalah ringkasan dan soal Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3, 28 April 2020.
Dalam program Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan kali ini, kita diajak untuk belajar meloncat dan mengurut bilangan.
Yuk, simak ringkasan materinya!
Ringkasan Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3, 28 April 2020
Ada tiga pokok bahasan yang dijelaskan oleh Pak Ridwan dalam tayangan ini:
Mengurut Bilangan
Urutan bilangan berdasarkan tempatnya. Jika ada nilai puluhan yang sama, maka dilanjutkan dengan membandingkan nilai satuan yang dimiliki bilangan tersebut.
Contohnya:
Ada angka 23 dan 21, mana angka yang paling besar?
Angka yang paling besar adalah 23, karena dilihat dari angka di paling belakang, yaitu 3. Angka 3 lebih besar dari angka 1.
Maka jika diurutkan dari angka yang paling besar adalah 23, 21.
Sementara jika diurutkan dari angka yang paling kecil adalah 21, 23.
Baca Juga: Ringkasan Materi Gemar Matematika: Simetri Lipat dan Sifat-Sifat Bangun Ruang
Nilai Tempat
Dalam pembahasan ini kita belajar tentang nilai tempat. Coba teman-teman perhatikan angka-angka ini:
Pada bilangan tiga angka, angka paling kiri menempati nilai ratusan, angka yang tengah menempati nilai puluhan, dan angka yang paling kanan menempati nilai satuan.
Membilang Loncat
Teman-teman coba perhatikan angka-angka ini:
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 -------> Ini pola bilangannya loncat 1
2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16 -------> Ini pola bilangannya loncat 2
4, 7, 10, 13, 16, 19, 22 -------> Ini pola bilangannya loncat 3
… dan seterusnya.
Dengan melihat angka-angka itu, bisakah teman-teman menyimpulkan apa itu bilangan loncat?
Yup, bilangan loncat adalah penambahan yang sama dari bilangan sebelumnya.
Soal Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3, 28 April 2020
Soal 1
Nisa bermain loncat angka. Dia mulai berdiri di angka 1. Berikutnya, Nisa meloncat sebanyak satu kali dan ia berada di angka 4. Jika Nisa berada pada angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?
Apakah kamu sudah tahu jawabannya? Jika belum, cobalah kerjakan soal ini dengan melihat ringkasan. Kalau bingung, teman-teman bisa tanya orang tua, kakak, atau teman.
Jika sudah, teman-teman bisa cocokkan jawabannya berikut ini:
Nisa meloncat sebanyak 1 kali dan berada di angka 4. Jadi untuk mengetahui loncatannya adalah 4 – 1 = 3.
1 loncatan = 3 angka
3 kali loncatan = 3 x 3 = 9
Jadi Nisa berada di angka = 1 + 9 = 10
Soal 2
Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jamal dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah ….
Apakah kamu sudah tahu jawabannya? Jika belum, cobalah kerjakan soal ini dengan melihat ringkasan. Kalau bingung, teman-teman bisa tanya orang tua, kakak, atau teman.
Jika sudah, teman-teman bisa cocokkan jawabannya berikut ini:
Bilangan Arya = 315 = 300 + 10 + 5
Bilangan Arya = 513 = 500 + 10 + 3
Jadi, jumlah angka 3 bilangan Arya dan Jamal = 300 + 3 = 303
Soal 3
Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2, dan 5.
A. Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi?
B. Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil!
Apakah kamu sudah tahu jawabannya? Jika belum, cobalah kerjakan soal ini dengan melihat ringkasan. Kalau bingung, teman-teman bisa tanya orang tua, kakak, atau teman.
Jika sudah, teman-teman bisa cocokkan jawabannya berikut ini:
Bagaimana, apakah jawabanmu sama dengan jawaban ini? Tetap semangat untuk belajar dari rumah, ya! Agar kita bisa membantu Bumi menghentikan penyebaran covid-19.
Baca Juga: Di Balik Matematika yang Rumit, Ini Fakta Menarik Soal Angka!
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id
Penulis | : | Iveta Rahmalia |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR