Bobo.id - Mulai 13 Juli 2020 kemarin kita sudah mulai memasuki tahun ajaran baru, nih. Itu tandanya sekarang kita sudah naik tingkat ke kelas yang baru.
Pandemi COVID-19 yang belum usai membuat kita masih harus melakukan kegiatan belajar dari rumah.
Karena itulah program Belajar dari Rumah TVRI hadir untuk membantu kegiatan belajar kita.
Hari ini (16/7/20) ada materi Matematika di Sekitar Kita untuk teman-teman kelas 1-3 SD. Apakah kamu menyaksikannya?
Bagi yang ketinggalan, simak rangkuman dan soal yang sudah Bobo buat untukmu, yuk!
Baca Juga: Inilah Langkah Konkret yang Bisa Kita Lakukan Sehari-hari untuk Melestarikan Air
Rangkuman dan Soal Matematika di Sekitar Kita
Mengenal Nilai Bilangan 1-5
Coba teman-teman sebutkan ada berapa jumlah jeruk yang ditunjuk oleh jari bu guru?
Yap, jumlah jeruknya adalah 3 buah. Lalu jeruk yang sebelumnya berjumlah 2 buah, jumlah jeruk setelahnya adalah 4 buah.
Nah, dengan bantuan benda seperti ini kita bisa dengan mudah mengetahui nilai bilangannya.
Kita juga bisa memanfaatkan jari-jari kita untuk mengetahui nilai bilangan. Kalau ada 1 jari yang diangkat, berarti nilai bilangannya adalah 1.
Begitu juga jika ada 2 jari yang diangkat dan seterusnya.
Baca Juga: Sering Dilakukan, 5 Kesalahan Minum Obat Ini Malah Bikin Tubuh Tak Kunjung Pulih
Membilang Secara Urut
Coba teman-teman baca nilai bilangan yang ada di papan tulis. Kalau sudah, pasti kamu paham apa yang dimaksud dengan membilang secara urut.
Misalnya, setelah 123 angka selanjutnya pasti 124, lalu 125, 126, dan seterusnya.
Baca Juga: 5 Kota Paling Unik di Dunia, Salah Satunya Diberi Julukan Kota Terbasah di Dunia
Membaca dan Menulis Lambang Bilangan
Apakah teman-teman tahu apa itu lambang bilangan?
Lambang bilangan sebenarnya adalah angka. Jadi jika kamu diminta untuk menulis lambang bilangan tiga ratus tujuh puluh lima, maka lambang bilangannya adalah: 375.
Sedangkan jika diminta untuk menuliskan nama bilangan dari 425, teman-teman hanya perlu menulisnya: empat ratus dua puluh lima.
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Ratusan
Ada tanda yang digunakan untuk membandingkan bilangan, yaitu >, <, atau =.
> artinya lebih besar.
< artinya lebih kecil.
= artinya sama dengan.
Jika ada bilangan ratusan 283 dan 192, menurutmu tanda apa yang cocok untuk digunakan?
Yap betul sekali tanda yang paling tepat ditempatkan di antara kedua angka itu adalah ">" karena 283 lebih besar dari 192.
Baca Juga: Cara Melihat Kepribadian dari Jumlah Tanggal, Bulan, dan Tahun Lahir
Soal
1. Hitunglah jumlah benda yang ada di sekitarmu!
Jawab:
Untuk menjawab pertanyaan ini, teman-teman perlu memerhatikan dan mendaftar benda apa saja yang ada di sekitarmu.
Kalau sudah, jangan lupa beri keterangan jumlah masing-masing beda yang kamu punya.
Contohnya:
Meja belajar: 1
Pensil: 3
Penghapus: 1
Penggaris: 1
Buku tulis: 5
2. Untuk siswa kelas 2 dan 3:
a. Lengkapi bilangan berikut dengan mengisi bagian titik-titik!
191 192 … 194 … … 197 198 … 200
b. Tulislah lambang bilangan berikut!
Empat ratus tujuh puluh sembilan = ...
Jawab:
a. Melengkapi bilangan, berikut jawabannya:
191 192 193 194 195 196 197 198 199 200
b. Lambang bilangan berikut!
Empat ratus tujuh puluh sembilan = 479
3. Untuk siswa kelas 2 dan 3:
Bandingkan bilangan-bilangan berikut dengan memberi tanda <, >, atau = pada bagian titik-titik!
a. 268 … 310
b. 437 ... 429
c. 546 … 546
Jawab:
a). 268 < 310
b). 437 > 429
c). 546 = 546
4. Hitunglah
a. Adik mempunyai 1 buah apel, apel itu dimakan adik sampai habis. Berapa apel adik sekarang?....
b. 1 - 1 = ...
c. 1 - 0 = ...
d. 1 + 0 = ...
Jawab:
a). Jumlah apel adik sekarang adalah 0 (1 – 1 = 0)
b). 1 – 1 = 0
c). 1 – 0 = 1
c). 1 + 0 = 1
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa, dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Caranya melalui: www.gridstore.id
Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com
Tomat-Tomat yang Sudah Dibeli Bobo dan Coreng Hilang! Simak Keseruannya di KiGaBo Episode 7
Penulis | : | Sarah Nafisah |
Editor | : | Avisena Ashari |
KOMENTAR