Bobo.id - Iklan adalah pemberitahuan yang ditujukan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa, yang dipasang di media massa seperti baliho, majalah, dan sebagainya.
Di dalam iklan harus termuat kata kunci dan gambar yang mendukung. Hal ini dilakukan agar iklan mudah dipahami oleh masyarakat.
Dalam buku materi kelas 5 SD Tema 3, ada pembahasan tentang iklan, kata kunci, dan unsur-unsur iklan.
Kemudian, ada perintah untuk mementukan kata kunci dan manfaat kata kunci dalam iklan media cetak.
Apakah teman-teman belum paham? Yuk, cari tahu!
Baca Juga: Pola-Pola Penyajian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Berikut ini akan dijelaskan kunci jawabannya.
Cara Menentukan Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak
Dalam KBBI, Media cetak adalah sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala.
Dalam perkembangannya, media cetak itu meliputi surat kabar (koran) dan majalah.
Agar mudah dipahami dan memiliki tujuan yang jelas, iklan harus memiliki kata kunci yang tepat. Langkah-langkah menentukannya, antara lain:
1. Membaca kalimat iklan dengan teliti
Pertama, teman-teman harus membaca kalimat iklan dengan teliti.
Jika belum mengetahui isi iklan denga baik, teman-teman bisa mengulang membaca iklan tersebut beberapa kali.
Hal ini dilakukan agar teman-teman menemukan kata kunci yang terdapat pada iklan media cetak.
Baca Juga: Ciri-Ciri Bahasa pada Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 2
2. Menentukan tema iklan
Tema merupakan pokok piran atau dasar dari sebuah cerita.
Setelah membaca iklan, teman-teman harus menentukan tema dari iklan tersebut. Ada beragam tema mulai dari untuk perdagangan, layanan masyarakat, dan seterusnya.
3. Memahami tujuan iklan
Dalam pembuatan iklan, pasti ada tujuan yang ingin dicapai pembuatnya.
Untuk mempermudah menemukan kata kunci. Teman-teman perlu mengertahui tujuan dari iklan tersebut.
4. Menemukan kata-kata yang menjadi fokus iklan
Saat membaca iklan, pasti ada beberapa kata yang diulang-ulang. Nah, jenis kata-kata ini biasanya berhubungan dengan kata kunci iklan.
5. Menyimpulkan tema dan kata kunci iklan
Setelah semua tahap telah dilakukan. Teman-teman akan dengan mudah menemukan kata kunci dan tema dalam iklan.
Baca Juga: Pola-Pola Penyajian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Manfaat Kata Kunci dalam Iklan
Ada beberapa manfaat yang bisa dipeoleh antara lain:
1. Menarik simpati pembaca iklan.
2. Memudahkan pembaca menemukan maksud dan tujuan iklan.
3. Membantu pembaca untuk memahami iklan.
Nah, itu tadi cara menentukan kata kunci pada iklan dan manfaat kata kunci dalam iklan media cetak.
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3, Kelas 5 SD)
Tonton video ini, Yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Materi Pelajar |
Penulis | : | Ikawati Sukarna |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR