Bobo.id - Sandal refleksi adalah jenis sandal yang terbuat dari bahan kayu dan memiliki gerigi-gerigi di bagian permukaannya.
Nah, sandal ini dapat digunakan untuk menjaga peredaran darah agar tetap stabil dan berjalan dengan lancar. Apakah teman-teman memilikinya di rumah?
Dalam buku materi kelas 5 SD Tema 4, ada teks bacaan tentang pembuatan sandal refleksi beserta pertanyaan yang perlu dijawab.
Yuk, simak dengan baik!
Berikut ini akan dijelaskan kunci jawabannya.
Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 3, Bagaimana Melakukan Lomba Melewati Rintangan?
Teks Bacaan
Pak Damar merupakan pengusaha sandal refleksi. Pak Damar memproduksi sandal yang dapat digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Sandal Refleksi buatan Pak Damar terbuat dari kayu. Kayu tersebut diperoleh dari daerah sekitar tempat tinggalnya. Pak Damar hanya membeli kayu yang berkualitas. Namun demikian, Pak Damar selalu menyarankan kepada pemasok kayu untuk melakukan reboisasi setelah penebangan. Dengan reboisasi hutan menjadi tidak gundul dan hasil reboisasi beberapa tahun kemudian dapat dimanfaatkan lagi, di antaranya pohon dapat ditebang dan kayunya dapat digunakan lagi.
Tenaga kerja di pabrik Pak Damar juga berasal dari warga di sekitar tempat tinggalnya. Sebelumnya, mereka diberi pelatihan terlebih dahulu oleh Pak Damar. Bahkan kini, beberapa tenaga kerja Pak Damar telah membuka usaha sendiri. Pak Damar kemudian menjadikan mereka sebagai mitra kerja untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.
1. Identifikasilah interaksi manusia dan lingkungan pada bacaan di atas!
Jawab: Interaksi manusia dan lingkungan dapat ditemukan pada Pak Damar dan kayu sebagai bahan pembuatan sandal refleksi.
Kemudian, interaksi lain juga timbul saat pemasok kayu melakukan kegiatan reboisasi hutan agar hutan tidak gundul.
Kegiatan reboisasi hutan ini akan bermanfaat untuk semua pihak, yakni untuk pohon itu sendiri dan pemasok kayu.
Setelah beberapa tahun, kegiatan reboisasi ini akan bermanfaat karena pohon bisa ditebang lagi dan kayu bisa digunakan lagi.
Baca Juga: Menjawab Pertanyaan dari Bacaan ‘Setiap Orang Ingin Didengar’, Materi Kelas 3 SD Tema 4
2. Bagaimana pengaruh interaksi manusia terhadap lingkungan bagi masyarakat dalam bacaan di atas?
Pengaruh interaksi manusia dengan lingkungan masyarakat sangat baik.
Sebab, Pak Damar membuka pelatihan untuk masyarakat sekitar sehingga mereka memiliki keahlian tertentu.
3. Apa manfaat usaha Pak Damar bagi masyarakat di sekitarnya?
Adanya usaha Pak Damar bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. Sebab, masyarakat di sekitar dapat membuka usaha sendiri.
Tidak hanya itu, Pak Damar juga menjadikan mereka mitra kerja untuk memenuhi pesanan sandal refleksi di pasaran.
4. Apa yang dilakukan Pak Damar untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat usahanya?
Pak Damar memberi saran kepada para pemasok kayu untuk melakukan reboisasi hutan setelah proses penebangan hutan.
Dalam KBBI, Reboisasi ini diartikan sebagai penanaman kembali hutan yang sudah ditebang sebelumnya.
Apabila hutan kembali hijau maka masalah kerusakan hutan seperti banjir dan tanah longsor dapat dihindari.
Baca Juga: Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Teks Bacaan 'Tanaman Padi', Materi Kelas 4 SD Tema 3
5. Apakah terdapat hubungan ketergantungan dalam bacaan di atas?
Ada beragam hubungan ketergantungan yang ada di bacaan, antara lain:
a. Pak Damar yang membutuhkan kayu untuk bahan sandal.
b. Pemasok kayu yang membutuhkan tempat untuk menampung kayu-kayunya.
c. Masyarakat sekitar yang menjadi mitra kerja sehingga bisa mendapatkan taraf kehidupannya.
Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan pada teks di atas. Semoga jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua untuk mendampingi anaknya yang sedang belajar.
Tonton video ini, Yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Tomat-Tomat yang Sudah Dibeli Bobo dan Coreng Hilang! Simak Keseruannya di KiGaBo Episode 7
Source | : | Materi Pelajar |
Penulis | : | Ikawati Sukarna |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR