Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD tema menjelajah angkasa luar, subtema 1, pembelajaran 2, tepatnya halaman 12, teman-teman akan mempelajari materi tentang sistem tata surya dan karakteristik planet-planet dalam tata surya, serta mengidentifikasi tokoh dan tindakan tokoh dalam teks fiksi.
Sebelum kita mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.
Tata surya kita ini termasuk bagian di dalam Galaksi Bimasakti, yang terdiri dari matahari, planet-planet, dan benda-benda langit lainnya.
Sedangkan, planet di dalam tata surya kita ini jumlahnya ada delapan planet dan mempunyai karakteristiknya masing-masing.
Lalu, dalam materi mengidentifikasi tokoh dan tindakan tokoh dalam teks fiksi.
Jika, teman-teman membaca teks fiksi pastilah menemukan tokoh, tokoh sangat penting dalam sebuah teks fiksi.
Tokoh mempunyai peran penting dalam sebuah cerita dan mempunyai tindakan, serta sifat.
Kita bisa mengetahui tindakan dan sifat seorang tokoh dari kalimat yang ia sampaikan dan ciri-ciri lain yang digambarkan oleh pengarang.
Oleh karena itu, kita bisa mempelajari tentang sistem tata surya dan karakteristik planet-planet dalam tata surya, serta mengidentifikasi tokoh dan tindakan tokoh dalam teks fiksi, dengan membaca teks fiksi berikut ini. Yuk, baca secara saksama!
Baca Juga: Contoh Tulisan tentang Hubungan dalam Rantai Makanan Sepanjang 3 Paragraf, Materi Kelas 5 Tema 5
Melihat Cahaya Bintang
Hari ini, Toni akan mengikuti perkemahan Sabtu-Minggu. Sebelum berangkat, ia telah menyiapkan barang-barang keperluannya. Setelah pamit pada orang tuanya, Toni pun berangkat ke sekolah. Sesampainya di sekolah, Toni melihat teman-temannya sudah berkumpul di depan kantin. Ia bertemu dengan Joni dan Made.
“Aku senang sekali akhirnya kita akan berkemah!” seru Toni.
“Aku juga, Toni. Semalam aku tidak bisa tidur karena membayangkan hari ini,” seru Made.
Mereka pun membayangkan kegiatan yang menyenangkan di perkemahan nanti. Mereka akan memasang tenda, tidur di alam terbuka, dan membuat api unggun. Tidak lama kemudian, Pak Guru pun meminta para siswa untuk berkumpul di lapangan. Ia memeriksa seluruh perlengkapan berkemah dan membaca daftar hadir. Setelah selesai, mereka pun berangkat dengan bus.
Sesampainya di tempat perkemahan, Pak Guru memandu siswa agar berkumpul dan memasuki area perkemahan. Hari sudah menjelang sore. Para siswa dipandu untuk membuat tenda. Setelah itu, mereka pun membersihkan tenda dan merapikan barang-barang yang di bawa.
Setelah tenda siap, Pak Guru meminta para siswa untuk bekerja sama. Anak laki-laki mengumpulkan ranting, sedangkan anak perempuan mengumpulkan dedaunan kering. Mereka pun membuat api unggun. Tidak lama kemudian, terdengar suara Made mengeluh. Ia mencari-cari sesuatu dari dalam tasnya.
“Senterku hilang. Aku tidak bisa melihat apa-apa nanti,” katanya dengan nada sedih.
“Mungkin kamu lupa membawanya, Made. Bagaimana jika kita menggunakan senterku bersama?” tanya Toni. Made pun mengiyakan. Dia senang akhirnya bisa ikut acara meskipun senternya ketinggalan.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Berbagi Slide Presentasi di Internet, Materi TIK Kelas 6 SD
Malam pun tiba, anak-anak diminta berkumpul di tengah lapangan. Toni melihat ke langit. Ia melihat banyak sekali bintang yang bersinar malam itu. Cahaya bintang sangat terang sehingga semua yang ada di depannya terlihat jelas. “Begitu indahnya ciptaan Tuhan,” ujar Toni dalam hati.
Setelah membaca cerita fiksi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Siapakah tokoh utama pada cerita ‘Melihat Cahaya Bintang’?
Jawaban: Tokoh utamanya adalah Toni.
2. Siapakah tokoh pendamping pada cerita tersebut?
Jawaban: Tokoh pendampingnya adalah Joni dan Made.
3. Bagaimanakah sikap tokoh utama?
Jawaban: Sikap tokoh utama adalah, sopan santu terhadap orang tuanya, teliti, selalu bersyukur, dan tidak pelit berbagi dengan teman.
3. Di manakah latar cerita tersebut?
Jawaban: Di perkemahan.
4. Buatlah ringkasan mengenai cerita tersebut.
Jawaban: Toni akan mengikuti perkemahan Sabtu-Minggu dan sudah pamit orang tuanya. Ia juga sudah mempersiapkan segala kebutuhannya.
Toni, bersama kedua temannya yaitu Joni dan Made bersemangat sekali melakukan kegiatan perkemahan ini.
Mereka mengumpulkan ranting dan membersihkan tenda. Tetapi, sayangnya senter Made tertinggal.
Toni pun tidak keberatan berbagi senter bersama Made agar tidak ketinggalan acara perkemahan.
Di perkemahan Toni pun bisa melihat cahaya bintang sangat terang dan bersyukur kepada Tuhan.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Luar Angkasa, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga.
Baca Juga: Contoh Kalimat dan Dialog Bahasa Inggris 'Asking and Giving Something'
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Erlangga |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR