Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 2, pembelajaran 4, tepatnya halaman 69, materinya adalah mengaitkan peristiwa dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi.
Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, kita bisa memahami materinya secara singkat terlebih dahulu.
Ketika membaca cerita fiksi, pernahkah teman-teman menemukan alur ceritanya hampir sama dengan pengalaman pribadi?
Meskipun fiksi dan sebuah karangan, cerita fiksi ceritanya bisa saja hampir mirip dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini karena, tema cerita fiksi bisa diambil dari kegiatan masyarakat sehari-hari yang kita lalui.
Untuk itu, agar lebih memahami materi kali ini, kita dapat membaca cerita fiksi berikut ini dengan saksama. Yuk, baca dengan hati-hati.
Menolong Teman
Joni, Made, dan Toni bersahabat sejak kelas 1 SD. Mereka selalu menempati kelas yang sama. Namun, saat kelas 6, Toni ditempatkan di kelas 6A, berbeda dengan Joni dan Made yang berada di kelas yang sama yaitu 6B. Meskipun begitu, mereka tetap akrab dan bermain bersama. Minggu depan akan dilaksanakan perlombaan lari untuk siswa kelas 6. Perlombaan ini khusus untuk anak laki-laki. Anak perempuan mengikuti lomba senam beregu. Joni dan Made terpilih untuk mewakili kelas 6B, sedangkan Toni mewakili kelas 6A.
Sepulang sekolah, Joni dan Made menghampiri kelas Toni untuk pulang bersama. Namun, Toni sudah tidak ada di kelas. Teman sebangku Toni mengatakan bahwa Toni telah pulang lebih awal tadi siang.
Baca Juga: Aturan Penempatan Huruf Kapital pada Kalimat, Materi Bahasa Indonesia Kelas 3 SD
Besok paginya di sekolah, Joni dan Made menghampiri kelas Toni. Ia sedang duduk di kursinya sambil meraut pensil.
“Hai, Toni. Kemarin kamu ke mana sepulang sekolah?” tanya Made.
Toni hanya diam. Ia hanya menggeleng dan kembali meraut pensil.
“Aku dan Made ke sini, tapi katanya kamu sudah pulang. Oh, iya bagaimana kalau kita berlatih untuk lomba lari nanti. Nanti sore, bagaimana?” tanya Joni.
Made mengangguk semangat. Namun, Toni tetap diam saja tidak menjawab.
“Kamu sakit, Toni?” tanya Joni.
Toni menggeleng. Ia lalu keluar kelas, “Maaf ya, teman-teman. Aku pergi ke toilet dulu.” Made dan Joni pun heran. Tidak biasanya Toni murung seperti itu. “Kita harus mencari tahu kenapa Toni murung, Joni,” kata Made kepada Joni.
Tiga hari sebelum perlombaan lari dimulai, Toni terlihat lebih murung. Made dan Joni juga belum mengetahui alasan kenapa Toni bersedih. Sepulang sekolah, Made dan Joni pun berkunjung ke rumah Toni. Sesampainya di sana, Toni tidak ada di rumah karena harus mengantar barang hasil jahitan ibunya. Ibu Toni memang seorang penjahit. Hanya ada ibu dan adiknya perempuannya. Made pun bertanya kepada Ibu Toni tentang alasan mengapa akhir-akhir ini Toni sangat murung di sekolah.
“Nak Made dan Joni, terima kasih sudah berkunjung ke sini. Toni bercerita pada ibu, bahwa ia sangat ingin ikut lomba lari di sekolah. Tapi, kemarin sepatu olahraganya hilang. Ibu sudah bilang padanya agar mencari dengan benar di mana sepatu olahraganya. Tapi, ia belum berhasil menemukan sepatu olahraga itu,” kata Ibu Toni.
Baca Juga: Soal dan Pembahasan Materi Bahasa Inggris Tentang 'Job and Occupation'
“Ibu tidak bisa langsung membelikan sepatu olahraga yang baru karena belum ada uang yang cukup. Sejak itu, Toni sering membantu ibu mengantar barang jahitan. Beberapa hari ini, Toni juga membawa bekal dari rumah dan tidak jajan di sekolah,” tambah Ibu Toni.
Made dan Joni pun sekarang paham. Ternyata Toni sedih karena sepatu olahraganya hilang. Mereka pun pamit dan memutuskan untuk menambahkan uang tabungan Toni untuk mengambil sepatu.
Keesokannya, Made dan Joni memberikan uang tabungan mereka pada Toni.
“Ini untuk menambahkan uang tabunganmu, Toni. Mudah-mudahan kamu bisa membeli sepatu olahraga baru. Jangan sedih lagi, ya,” ucap Made.
Toni pun bahagia dan terharu. Ia menambahkan uang pemberian Made dan Joni dengan uang tabungannya dan langsung membeli sepatu olahraga baru. Toni merasa bersyukur dan berterima kasih ke Made dan Joni karena ia bisa ikut lomba lari di sekolah. Made dan Joni tulus menolong Toni. Mereka pun berlatih lomba lari bersama.
Coba tuliskan ringkasan cerita fiksi di atas dan juga peristiwa yang kamu alami dengan tema yang sama dengan cerita tersebut.
Jawaban:
Judul cerita: Menolong Teman
Tokoh dalam cerita: Toni, Made, Joni, dan Ibu Toni.
Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Pengaruh Globalisasi Bagi Modernisasi di Bidang Pendidikan?
Alur cerita: Joni, Made, dan Toni bersahabat sejak kelas 1 SD. Mereka selalu menempati kelas yang sama.
Namun, saat kelas 6, Toni ditempatkan di kelas 6A, berbeda dengan Joni dan Made yang berada di kelas yang sama yaitu 6B.
Meskipun begitu, mereka tetap akrab dan bermain bersama. Suatu hari, Toni terlihat pulang sekolah lebih awal dari Joni dan Made, Toni pun terlihat murung.
Ternyata, setelah Joni dan Made bertemu dengan Ibu Toni penyebabnya adalah Toni kehilangan sepatu olahraganya.
Akibatnya ia harus menabung dengan membantu ibunya agar bisa menabung untuk membeli sepatu olahraga.
Joni dan Made pun membantu Toni dengan ikut menambahkan tabungan mereka. Toni pun akhirnya bisa membeli sepatu olahraga yang baru.
Peristiwa yang saya alami: Jawabannya disesuaikan dengan kondisi teman-teman. Misalnya, saya juga pernah kehilangan sebuah buku, karena terjatuh di perjalanan pulang dari sekolah.
Karena, tidak menemukannya lagi, saya pun harus menabung lagi untuk membeli buku bacaan itu.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Luar Angkasa, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Tomat-Tomat yang Sudah Dibeli Bobo dan Coreng Hilang! Simak Keseruannya di KiGaBo Episode 7
Source | : | Erlangga |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR