Bobo.id - Menggabungkan file ppt atau powerpoint menjadi satu akan membantu teman-teman saat akan presentasi atau belajar.
File yang tergabung menjadi satu tidak akan menyulitkan teman-teman untuk membuka beberapa file secara bersamaan.
Selama sekolah secara daring pasti teman-teman mendapat banyak file pelajaran dari sekolah dalam bentuk powerpoint.
Untuk mempelajari dengan mudah menggabungkan beberapa slide menjadi satu akan mambuat teman-teman lebih mudah belajar.
Atau teman-teman mungkin juga mendapat tugas kelompok sehingga perlu menggabungkan beberapa ppt yang dibuat anggota kelompok lain.
Untuk menyatukan beberapa data dalam satu file, teman-teman tidak perlu repot menggunakan berbabagai aplikasi online atau mengunduh aplikasi tertentu.
Microsoft sebagai pemilik aplikasi powerpoint sudah memberikan fitur yang akan membantu kebutuhan teman-teman.
Bahkan teman-teman bisa menggabungkan beberapa ppt semudah meng-copy dan paste, seperti pada aplikasi Microsoft Word.
Berikut akan teman-teman akan belajar cara menggabungkan file ppt dengan cara yang mudah.
Baca Juga: 4 Cara Membuat Tabel di Word, Salah Satunya Pakai Draw Table
Ada dua cara yang bisa teman-teman coba untuk melakukan penggabungan file ppt.
Dua cara itu adalah metode copy paste dan menggunakan fitur reuse.
1. Metode Copy Paste
Cara partama adalah cara paling mudah, karena teman-teman cukup meng-copy slide yang ingin digabungkan.
Pertama, buka file ppt yang ingin digabungkan dengan cara copy paste ini.
Lalu pilih slide mana yang ingin di-copy. Klik pada slide yang diinginkan, lalu tekan ctrl + C atau klik kanan dan pilih copy.
Kemudian buka ppt yang akan menjadi tempat mengumpulkan file ppt.
Tentukan pada bagian mana ppt akan digabungkan. Lalu klik pada bagian pembatas antar slide dan tekan ctrl + V atau klik kanan dan pilih paste.
Bila klik kanan, teman-teman akan mendapat beberapa pilihan paste, yaitu pilih Keep Source Formatting atau Use Destination Theme.
Baca Juga: 5 Cara Membuat Garis di Microsoft Word, Mudah dan Cepat
Jika teman-teman memilih Keep Source Formatting, maka slide yang di-copy tidak akan berubah termasuk background.
Namun jika memilih Use Destination Theme maka style warnanya akan berubah mengikuti slide yang dituju, dari model background hingga tema tulisan.
Selain cara ini, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan lebih mudah.
2. Fitur Reuse
Bila pada cara pertama teman-teman harus memindah setiap slide dengan membuka file.
Maka pada cara fitur reuse, teman-teman bisa memindah setiap slide dengan lebih mudah, tanpa membuka file yang akan di-copy.
Pertama, buka file yang ingin menjadi tempat semua slide digabungkan.
Kemudian klik di slide keberapa teman-teman ingin menempatkan ppt yang akan digabungkan.
Lalu klik pada tab Home dan pilih New Slide, kemudian pilih Reuse Slides.
Baca Juga: Fungsi Icon Microsoft Word Beserta Gambarnya
Setelah itu, akan keluar menu pada bagian kanan lembar powerpoint.
Klik pada bagian Browse untuk mencari teks ppt yang akan digubungkan dan klik open.
Lalu akan muncul preview slide yang ada di ppt pada file tersebut.
Untuk meng-copy slide, teman-teman cukup klik pada salah satu slide.
Secara otomatis slide akan tergabung pada file ppt yang dituju.
Bahkan teman-teman bisa menggabungkan beberapa slide sekaligus dengan mudah.
Cara ini akan lebih mudah untuk dilakukan, karena teman-teman tidak perlu membuka banyak file ppt.
Bila ingin menambah ppt dari file yang berbeda lagi, teman-teman cukup mengulang mencari file melalui Browser.
Nah, setelah mengetahui cara menggabungkan file ppt, teman-teman bisa membuat laporan materi presentasi atau belajar secara daring dengan lebih mudah.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia
Penulis | : | Amirul Nisa |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR