Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 3, bumi, matahari, dan bulan, tepatnya halaman 104, materinya adalah pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan ekonomi masyarakat di kawasan Asia Tenggara.
Sebelum menemukan macam-macam informasi penting pada sebuah teks, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.
Sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai kondisi geografis yang hampir sama.
Hal ini karena Asia Tenggara masih berada di sekitar garis ekuator yang menyebabkan curah hujan dan penyinaran mataharinya sama.
Tetapi, akibat pembagian wilayah, masyarakat yang ada di Asia Tenggara mempunyai kondisi geografis dan sumber daya alam yang berbeda untuk dimanfaatkan.
Sehingga, setiap negara di kawasan Asia Tenggara juga mempunyai hasil perekonomian yang berbeda-beda.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan ekonomi masyarakat di kawasan Asia Tenggara, kita bisa mengerjakan soalnya dengan saksama!
1. Gambar tersebut merupakan Teras Sawah Banaue yang berada di Filipina. Tempat tersebut berupa lahan pertanian yang diukir indah di atas perbukitan. Tempat tersebut juga sering dijadikan tempat pariwisata.
Baca Juga: Macam-Macam Manfaat Menjelajah dalam Kegiatan Pramuka, Materi Kelas 3 SD Tema 8
a. Apa bentang alam yang dimanfaatkan dalam tempat pariwisata tersebut?
b. Mengapa tempat tersebut dijadikan sebagai tempat pariwisata oleh masyarakat sekitar?
c. Menurutmu, apa saja kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan penduduk sekitar untuk memanfaatkan tempat tersebut?
Jawaban:
a. Nama bentang alam itu adalah terasering. Terasering atau sengkedan merupakan metode yang digunakan pada area persawahan berlereng.
Sehingga, laju air bisa diperlambat dan menahan air agar menyerap ke dalam tanah.
b. Hal itu karena keunikannya dan keindahan alamnya.
c. Penduduk sekitar pasti memanfaatkannya sebagai lahan pertanian. Biasanya, dijadikan tempat bercocok tanam bagi padi dan menghasilkan beras.
2. Beberapa negara di kawasan Asia Tenggara memiliki kegiatan ekonomi di bidang agraris.
Baca Juga: Kesulitan Menghafal? Coba Gunakan 5 Metode Ini untuk Menghafal dengan Mudah dan Cepat
a. Apa yang kamu ketahui tentang agraris?
b. Apa saja mata pencarian yang terlibat dalam kegiatan agraris?
c. Apa saja sumber daya alam yang dimanfaatkan dan produk yang dihasilkan dalam kegiatan agraris?
Jawaban:
a. Agraris adalah sebutan bagi suatu negara jika sektor perekonomiannya banyak didukung oleh masyarakat yang mengolah lahan pertanian dan menghasilkan bahan makanan.
b. Petani dan peternak.
c. Padi, teh, sapi, sawit, palawija, tebu, dan lain-lain.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Penilaian Tematik (BUPETIK) Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga.
Baca Juga: Macam-Macam Cara Melatih Keseimbangan, Materi PJOK Kelas 3 SD
Kuis! |
Kenapa kondisi geografis Asia Tenggara hampir sama? |
Petunjuk: Cek di halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Erlangga |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR