Bobo.id - Setiap saat, pasti teman-teman melihat iklan di tempat strategis.
Mulai dari yang tercetak di koran atau majalah, videotron, televisi, radio, hingga baliho di pinggir jalan.
Beriklan penting dilakukan oleh perusahaan agar produk barang atau jasanya diketahui oleh masyarakat.
Sehingga, masyarakat tertarik dan menggunakan barang atau jasa yang diiklankan.
Tapi siapa yang membuat iklan, ya? Apakah perusahan bisa membuat iklan sendiri untuk produknya?
Pembahasan tersebut akan dibahas dalam pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Wirausaha, Subtema 2: Usaha di Sekitarku.
Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), materinya adalah Iklan, tepatnya halaman 145.
Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.
Iklan adalah reklame yang ditujukan kepada masyarakat tertentu untuk memperkenalkan atau menjual produk atau jasa tertentu.
Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.
Iklan pemberitahuan biasanya digunakan untuk menginformasikan sesuatu. Iklan penawaran digunakan untuk menawarkan barang atau jasa.
Sedangkan, iklan layanan masyarakat digunakan oleh lembaga pemerintah atau organisasi non profit.
Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?
Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.
Sebutkan bagian perusahaan yang menangani bagian iklan suatu produk/jasa perusahaan. Jelaskan pula perannannya bagi perusahaan.
Jawaban:
Umumnya, suatu perusahaan akan menggunakan biro iklan untuk membuat iklan yang sesuai dengan produk barang atau jasanya.
Berikut, penjelasan biro iklan, mulai dari pengertian hingga perannya.
Pengertian Biro Iklan
Biro iklan adalah sebuah perusahaan yang membuat, merencanakan, dan menempatkan iklan sesuai keinginan kliennya.
Sehingga, perusahaan dapat melakukan promosi dengan baik dan dapat menarik konsumen.
Tentu kegiatannya sesuai perintah dan persetujuan klien sebelum iklan itu disebarluaskan.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Iklan 'Pentingnya Air untuk Kita'
Jenis Biro Iklan
Ada dua jenis biro iklan, yaitu layanan lengkap dan khusus.
1. Biro Iklan Layanan Lengkap
Biro iklan layanan lengkap membuat perencanaan dan administrasi dari awal hingg akhir.
Mulai dari sasaran iklan dibuat, strategi periklanan, riset iklan, hingga bertindak sebagai konsultan pemasaran.
2. Biro Iklan Khusus
Biro iklan kusus biasanya hanya melakukan produksi dan pengembangan iklan yang nantinya akan digunakan untuk berpromosi.
Meskipun pelayaannya terbatas, tetapi perusahaan tetap membutuhkannya karena dapat membantu pemasaran.
Tugas Biro Iklan
Tugas biro iklan membantu mengiklankan, pemberi nasehat promosi, dan sosialisasi untuk meningkatkan penjualan.
Apalagi, beberapa biro iklan juga menyediakan properti periklanan yang mendukung promosi.
Baca Juga: Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Ciri, dan Fungsinya, Materi Kelas 5 Tema 9
Sehingga, diharapkan upaya dari biro iklan dapat menguntungkan perusahaan yang sudah menyewanya.
Divisi dalam Biro Iklan
- Divisi perencanaan
- Divisi kreatif
- Divisi perencanaan media
- Divisi produksi
- Divisi pemasaran
- Divisi operasional
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Globalisasi, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Masmedia.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Jenis-Jenis Iklan
---
Kuis! |
Di mana bisa menemukan iklan? |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Masmedia |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR