Bobo.id - Ada dua jenis surat yang umum diketahui, yaitu surat pribadi dan resmi.
Untuk bisa menulis dua jenis surat itu, teman-teman harus tahu cara berkomunikasi yang sopan, seperti yang akan diajarkan pada materi Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas VII SMP.
Surat memang terdiri dari dua jenis yaitu pribadi dan resmi yang keduanya memiliki banyak perbedaan.
Perbedaan paling mendasar dari dua jenis surat itu adalah cara penulisannya.
Pada surat resmi, teman-teman harus mengikuti beberapa perturan yang sudah dimiliki oleh pihak instansi yang mengeluarkan.
Selain itu, pada surat resmi akan ada aturan penggunaan bahasa baku yang harus diterapkan.
Sedangkan pada surat pribadi memiliki sifat lebih santai daripada surat resmi.
Meski surat resmi banyak dikeluarkan dari sebuah instansi, tapi ada juga surat resmi yang dibuat perindividu, lo.
Jadi pada penulisan dua buah surat ini, teman-teman tetap harus paham cara penulisan yang sopan.
Penulisan surat yang sopan ini akan membuat komunikasi melalui surat atau tulisan menjadi lebih nyaman dilakukan.
Berikut akan dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah surat.
Baca Juga: Penjelasan Lengkap tentang Pengertian, Tujuan, hingga Ciri-Ciri Surat Pembaca
Cara Berkomunikasi yang Sopan dengan Surat
1. Menanyakan Kabar
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pada bagian pembuka surat.
Pada bagian pembuka ini, teman-teman bisa memulai dengan menanyakan kabar.
Bagian ini akan paling tepat diberikan pada surat pribadi atau surat resmi yang tidak menggunakan format tetap.
2. Mengungkapkan Perasaan
Melalui surat, teman-teman juga bisa mengungkapkan perasaan dengan cara sopan.
Serta sampaikan juga kondisi atau kabar melalui surat sebagai bentuk kesopanan.
3. Memperkenalkan Diri
Bentuk sopan santun lain yang harus dilakukan adalah memperkenalkan diri.
Hal ini harus dilakukan baik pada surat resmi yang sudah memiliki format ataupun surat pribadi.
Baca Juga: Surat Resmi: Pengertian, Ciri, hingga Cara Menyususn yang Baik dan Santun
Bahkan pada surat pribadi yang ditujukan untuk orang yang sudah dikenalpun baiknya tetap memberikan perkenalan diri.
4. Menyatakan Tujuan
Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah menyatakan tujuan surat dikirimkan.
Bagian ini biasa dituliskan pada bagian isi surat dan pastikan buat dengan bahasa yang sopan.
Teman-teman juga harus menggunakan kalimat yang jelas agar bisa dipahami penerima surat.
5. Mengucapkan Terima Kasih
Setelah tujuan disampikan dengan sopan, teman-teman bisa membuat sebuah ucapan terima kasih.
Ucapan terima kasih ini bisa disesuaikan dengan isi dari surat yang sudah disampaikan sebelumnya.
6. Permohonan
Pada bagian terakhir adalah permohonan yang harus disampaikan dengan sopan.
Bentuk permohonan ini bisa disesuaikan dengan tujuan surat dibuat.
Baca Juga: Perbedaan Serta Ciri-Ciri dari Surat Pribadi dan Surat Resmi
Teman-teman juga bisa menyampaikan permohonan maaf bila kemungkinan adanya kesalahan penyampaian atau berkaitan dengan hal lain.
Nah, itu tadi beberapa hal yang harus dipahami saat membuat sebuah surat agar sopan.
----
Kuis! |
Surat dibedakan menjadi dua jenis, sebutkan! |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Tonton video ini juga, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Penulis | : | Amirul Nisa |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR