Bobo.id - Biasanya iklan akan dibuat sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dengan hal yang akan diiklankan.
Tujuannya agar tepat sasaran dan informasi yang disampaikan akan dipahami dengan baik oleh konsumen.
Oleh karena itu, iklan untuk produk kesehatan, makanan, minuman, dan lain-lain pasti dibuat sekreatif mungkin.
Pembahasan tentang iklan akan dibahas dalam pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Wirausaha, Subtema 2: Usaha di Sekitarku.
Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), materinya adalah Iklan, tepatnya halaman 145.
Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.
Iklan adalah reklame yang ditujukan kepada masyarakat tertentu untuk memperkenalkan atau menjual produk atau jasa tertentu.
Berdasarkan isinya, iklan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.
Iklan pemberitahuan biasanya digunakan untuk menginformasikan sesuatu. Iklan penawaran digunakan untuk menawarkan barang atau jasa.
Sedangkan, iklan layanan masyarakat digunakan oleh lembaga pemerintah atau organisasi non profit.
Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?
Baca Juga: Biro Iklan: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Divisinya, Materi Kelas 6 SD/MI
Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.
Apabila kamu memiliki sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan.
Iklan seperti apa yang kamu harapkan untuk digunakan sebagai media promosi perusahaan kamu?
Jawaban:
Jika saya punya perusahaan yang bergerak di bidang makanan, berikut tips mengiklankan produk makanan yang akan saya lakukan, yaitu:
1. Memahami Konsumen
Langkah pertama dalam mempromosikan produk makanan adalah memahami permasalahan konsumen.
Jadi, kita dapat menawarkan solusi menggunakan produk makanan yang dibuat.
Misalnya, konsumen yang malas keluar rumah untuk beli makanan, solusinya adalah kita menawarkan layanan antar makanan ke rumah.
2. Menyertakan Kata yang Menarik Perhatian Konsumen
Ketika menawarkan produk makanan kita kepada konsumen, perkenalkanlah dengan menggunakan kalimat yang menarik perhatian.
Kalimat ini dapat ditulis ketika melakukan promosi di media sosial, disertai penjelasan yang singkat dan padat.
Misalnya, makanan yang kita tawarkan tidak mengandung pengawet atau dibuat secara rumahan (homemade).
3. Menawarkan Harga Khusus
Cara lain yang umum digunakan untuk menawarkan makanan kepada konsumen adalah dengan memberikan harga khusus.
Tujuannya agar konsumen ada keinginan mencoba dan akan membeli lagi di masa depan.
Misalnya, kita memberi diskon bagi pembeli pertama atau ada harga khusus dalam periode tertentu.
4. Menunjukkan Keunggulan Produk
Jangan lupa untuk menunjukkan keunggulan produk pada konsumen. Gunakanlah kata-kata yang menarik tetapi tetap jujur dan tidak dilebih-lebihkan.
Misalnya, kata-kata yang menunjukkan kalau produk yang dibuat berasal dari bahan organik berkualitas dan aman bagi pasien diabetes.
5. Mengikuti Peristiwa yang Sedang Viral
Meskipun cukup berisiko, tetapi menjual makanan dengan mengikuti peristiwa yang sedang viral.
Baca Juga: Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Ciri, dan Fungsinya, Materi Kelas 5 Tema 9
Penjualan produk makanan pun akan meningkat. Apalagi, jika sesuai dengan selera masyarakat dan kualitasnya sebanding.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Globalisasi, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Masmedia.
---
Kuis! |
Apa itu iklan? |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Masmedia |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR