Bobo.id - Pada pelajaran bahasa Inggris menengah, teman-teman akan mempelajari jenis-jenis teks bahasa Inggris, salah satunya adalah analytical exposition text.
Teman-teman akan mempelajari analytical exposition text pada Unit 4 pelajaran bahasa Inggris kelas 11 di buku kurikulum Merdeka.
Analytical exposition text adalah salah satu jenis teks yang berfungsi menginformasikan kepada pembaca tentang bahasan yang berkaitan dengan fenomena atau isu yang ada.
Tujuan dari teks ini adalah memberi keyakinan ke pembaca bahwa topik yang dibahas memang penting untuk menjadi diskusi bersama.
Ciri-ciri teks ini adalah:
1. Menggunakan simple present tense.
2. Menyampaikan apa yang kita rasakan atau pikirkan sesuai pengalaman dan pemikiran pribadi, menggunakan kata-kata seperti experience, seem, feel, know, think, realize, sense, dan sebagainya.
3. Menggunakan kata penghubung atau conjunction.
Soal Activity 6
Pada Unit 4 buku pelajaran bahasa Inggris kelas 11, teman-teman banyak menemukan soal untuk meningkatkan pemahaman mengenai analytical exposition text.
Sekarang kita akan mengerjakan soal di halaman 128. Sebelum mengerjakan, teman-teman harus membaca contoh teks pada halaman 120.
Baca Juga: Jawaban Soal Activity 5: Membuat Kalimat Analytical Exposition Text, Unit 4 Kurikulum Merdeka
Teks tersebut berjudul Benefits of Getting a Covid-19 Vaccine.
Nah, setelah membaca teks, kita akan mengerjakan soal bersama.
Oia, jangan lupa mendiskusikannya dengan guru dan teman-teman yang lain, ya.
Jawaban Soal Activity 6
Take a closer look at the text entitled “Benefits of Getting a Covid-19 Vaccine” again. Every argument has its supporting evidence.
Now, write the supporting evidence for the following arguments.
1. Argument: the pandemic causes some people lose their jobs.
Supporting evidence 1:
The pandemic limits contact between people, so the occupations that connect with many people is greatly disrupted, for example: a driver; restaurant, hotel and shop employees; pilot; or even small market merchant must lose their job.
Supporting evidence 2:
The pandemic severely disrupted the country's economy, close contact should be strictly limited, so many industries and offices laid off many workers.
Baca Juga: Contoh Analytical Exposition Text dengan Tema Pandemi COVID-19
2. Argument: the pandemic opens new jobs.
Supporting evidence 1:
The pandemic brought changes in employment, medicines delivery services for patients who were being treated at home and could not leave the house emerged during the pandemic.
Supporting evidence 2:
During the pandemic, we need health workers who specifically handle COVID-19 patients in isolation homes.
3. Argument: the pandemic causes secondary needs to increase.
Supporting evidence 1:
The pandemic forms a new normal of life, for example, people work more, go to school, and spend time at home, so the need for entertainment, medicine, supplements, and the internet increases.
Supporting evidence 2:
During a pandemic, primary needs alone are not enough. People need secondary needs for survival and entertainment.
Teman-teman, itulah contoh jawaban Activity 6.
Sumber: Bahasa Inggris Tingkat Lanjut (Kelas XI). Rida Afrilyasanti. 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Baca Juga: Cari Jawaban Activity 4, Unit 4: Analytical Exposition Text, Kurikulum Merdeka
----
Kuis! |
Apa saja ciri-ciri analytical exposition text? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Cara Bersikap terhadap Barang yang Dipakai, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR