Bobo.id - Suatu produk dihasilkan untuk memenuhi permintaan konsumen.
Selain itu, produk juga perlu invovasi agar makin banyak variasi dan perbedaannya.
Karena setiap konsumen mempunyai kebutuhannya produk yang berbeda-beda, invovasi produk dibutuhkan produsen untuk mempertahankan konsumen lama dan mendapatkan konsumen baru.
Lalu, apa saja cara yang bisa digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk, ya?
Pembahasan tentang produk unggulan akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Bab VII: Daerahku Kebanggaanku.
Tepatnya topik Wah, Ternyata Daerahku Luar Biasa!, halaman 205. Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya.
Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku.
Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.
Bagaimana cara memperkenalkan sebuah produk?
Jawaban:
1. Memanfaatkan Media Sosial
Baca Juga: Apa saja Produk Unggulan di Indonesia? Materi IPAS Kelas 5 SD
Di era globaliasi, salah satu cara yang baik untuk memperkenalkan produk adalah melalui media sosial.
Kita bisa membuat akun khusus produk dan memperkenalkannya ke konsumen melalui media sosial. Selain itu, melalui media sosial juga, produk bisa diperjual-belikan dan beriklan.
2. Mengkuti Pameran
Manfaatkanlah pameran untuk memperkenalkan produk secara langsung ke konsumen.
Pameran bisa jadi peluang bagi pengusaha kecil dan menengah untuk menatik konsumen untuk membeli dan mengetahui lebih banyak informasi produk.
Oleh karena itu, ikutilah pameran tingkat lokal, nasional, dan internasional.
3. Membagikan Produk
Kita bisa membagikan produk secara gratis kepada para konsumen untuk dicoba. Cara ini termasuk berpromosi langsung dan mendapatkan timbal balik dari konsumen.
Sebab, bisa menanyakan langsung ke konsumen bagaimana keugulan dan kekurangan produk yang dihasilkan.
Jadi, bisa dijadikan bahan evaluasi agar kualitas produk tingkatkan.
4. Mengumpulkan Data Pelanggan
Baca Juga: Apa Perbedaan Sumber Daya Alam dan Produk? Materi IPAS Kelas 5 SD
Mengumpulkan data pelanggan penting dilakukan, karena bisa mengetahui segmentasi pasar.
Jadi, data pelanggan adalah sumber informasi penting yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan rencana pemasaran, inovasi produk, dan langkah lain selanjutnya di masa depan.
5. Melakukan Kegiatan Amal
Kegiatan amal bisa dijadikan rencana promosi produk dengan cara membantu kegiatan peduli masyarakat.
Hasilnya, masyarakat mengetahui produk kita dan tertarik, sehingga memungkinkan terjadi peningkatan penjualan.
6. Melakukan Survei Daya Beli Masyarakat
Produk baru yang baru dihasilkan harus melalui tahapan uji coba terlebih dahulu.
Oleh karena itu, kita harus melakukan survei daya beli masyarakat pada produk yang dihasilkan.
Caranya dengan merekomendasikan produk kepada pelanggan, diskon, kupon, atau kuis berhadiah.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
---
Baca Lagi: |
Kenapa kita mengikuti pameran? |
Petunjuk: Cek halaman 2! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR