Bobo.id - Perubahan lingkungan yang disebabkan aktivitas manusia perlu diperbaiki agar tidak mengganggu keseimbangan ekosistem.
Hal tersebut adalah bentuk tanggung jawab manusia, karena sudah memanfaatkan sumber daya alam.
Jadi, agar kerusakannya tidak makin parah, maka kita harus merawatnya kembali. Lalu, apa saja upayanya?
Pembahasan tentang kerusakan lingkungan akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Bab VIII: Bumiku Sayang, Bumiku Malang.
Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya.
Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku.
Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.
Apa saja upaya-upaya perbaikan lingkungan yang bisa dilakukan manusia?
Jawaban:
Upaya perbaikan lingkungan adalah etika lingkungan dan pelestarian lingkungan agar keseimbangan ekosistem tetap terjadi.
Selain itu, perbaikan lingkungan sebagai cara agar perkembang manusia tidak merusak lingkungan di sekitarnya. Berikut, beberapa upaya yang bisa dilakukan, yaitu:
Baca Juga: Apa Saja Alat Penangkap Ikan yang Diperbolehkan dan Tidak Diperbolehkan? Materi Kelas 6 SD/MI Tema 4
1. Konservasi Sumber Daya Alam Hayati
Upaya ini bisa melindungi satwa dan flora melalui taman nasional, sehingga menjaga ekosistemnya dan berkembang secara alami.
Taman nasional bisa dijadikan wadah penelitian, pengetahuan, dan pariwisata yang mendidik. Taman nasional dibentuk sesuai dengan habitat asli dan tanpa campur tangan manusia.
2. Konservasi Tanah
Konservasi tanah adalah upaya untuk mencegah erosi atau perubahan kondisi kimiawi tanah.
Tujuannya agar tanah tetap bisa ditumbuhi tanaman dan menjadi lahan pertanian yang subur, serta lahan hutan.
Oleh karena itu, kita perlu melakukan reboisasi pada lahan hutan yang gundul, sengkedan, dan rotasi tanaman.
Cara mengembalikan nutrisi nitrogen pada tanah adalah dengan cara melakukan rotasi tanaman, yaitu menanam tanaman secara bergilir pada suatu lahan pertanian.
3. Konservasi Hutan
Konservasi hutan bisa dilakukan pemerintah dengan menerapkan beberapa kebijakan bagi kelestarian.
Misalnya, membuat undang-undang yang melarang penebangan hutan pada wilayah hutan lindung, melakukan sistem tebang pilih.
Baca Juga: 15 Contoh Interaksi Sosial yang Terjadi di Lingkungan Sekolah, Materi Kelas 5 SD Tema 4
Serta menetapkan tanggung jawab pada perusahaan yang memanfaatkan hutan dengan mengembalikannya seperti semula sehabis diambil sumber dayanya.
4. Konservasi Air
Manusia membutuhkan air bersih dan bebas pencemaran, untuk pengairan, mandi, minum, dan mencuci.
Untuk itu, dilakukanlah konservasi air dengan membentuk waduk. Selain itu, waduk bisa dijadikan sumber air bersih dan pembangkit listrik tenaga air.
5. Konservasi Energi
Selain memanfaatkan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, seperti batubara.
Manusia harus segera mencari dan memanfaatkan sumber daya alternatif. Karena, sumber daya alternatif lebih hemat, murah, ramah lingkungan, dan bisa diperbaharui.
Jadi, kebutuhan energi manusia tetap terpenuhi untuk beraktivitas sehari-hari.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Sumber: Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Baca Juga: 15 Contoh Interaksi Sosial yang Terjadi di Lingkungan Rumah, Materi Kelas 5 SD Tema 4
---
Kuis! |
Apa itu konservasi tanah? |
Petunjuk: Cek halaman 2! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR