Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa yang dimaksud dengan media massa periodik dan media massa nonperiodik?
Dalam ilmu komunikasi dikenal sejumlah saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.
Upaya tersebut biasanya terbagi menjadi dua, yaitu penyampaian pesan menggunakan media dan tanpa media.
Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyampaian pesan atau berita menggunakan media massa.
Media massa merupakan sarana komunikasi yang mempermudah proses penyampaian dan penerimaan pesan dari sumber ke khalayak luas.
Berdasarkan masa atau waktu penayangannya, media massa dibagi menjadi dua, yakni media massa periodik dan nonperiodik.
Sebelum mengetahui apa yang dimaksud dengan media massa periodik dan nonperiodik, kita cari tahu dulu karakteristik media massa, yuk!
Karakteristik Media Massa
Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), karakteristik media massa, antara lain:
1. Bersifat Melembaga
Artinya, pihak yang mengelola media massa terdiri dari banyak orang yang kemudian bersatu membentuk susunan.
Baca Juga: Pengaruh Masing-Masing Agen Sosialiasi dalam Pembentukan Karakter Individu, Apa Saja?
Mulai dari kelompok yang bertugas mengumpulkan pesan hingga yang bertugas untuk menyajikan atau menyebarkan pesan.
2. Bersifat Satu Arah
Karakteristik media massa ini berarti komunikasi yang terjalin tidak memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dengan penerima pesan.
Apabila ada umpan balik (feedback) umumnya membutuhkan waktu dan sifatnya tertunda, teman-teman.
3. Meluas dan Serempak
Media massa dapat mengatasi rintangan waktu serta jarak karena memiliki kecepatan untuk menyebarkan pesan.
Tak hanya itu saja, media massa juga bergerak secara luas, yang memungkinkan pesan sampai dan diterima banyak oleh dalam waktu bersamaan.
Artinya, media massa juga bersifat terbuka karena bisa diterima siapa saja dan di mana saja, tanpa memandang usia, jenis kelamin, hingga suku bangsa.
4. Menggunakan Peralatan Teknis
Proses penyebaran pesan di media massa memerlukan peralatan teknis dan mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan lainnya.
Perbedaan Media Massa Periodik dan Nonperiodik
Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis Iklan Baris, Materi Kelas 5 SD Tema 9
Media Massa Periodik
Media massa periodik adalah media yang terbit secara teratur pada waktu-waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Adapun media massa periodik terbagi atas dua jenis, yakni:
1. Media Cetak
Seperti namanya, media cetak merupakan media yang memuat informasi dalam bentuk publikasi cetak atau printed page.
Pembuatan media cetak ini ditujukan untuk menyebarkan informasi atau pesan komunikasi kepada khalayak luas.
Contoh yang termasuk dalam media cetak, seperti surat kabar atau koran, majalah, hingga tabloid, teman-teman.
Surat kabar memiliki dua fungsi umum, yakni sebagai sumber informasi tentang apa yang sedang terjadi di dunia dan daerah setempat dan menghibur.
Surat kabar ini biasanya diterbitkan setiap hari atau harian sehingga informasi yang disampaikan bersifat baru atau terkini.
Sementara itu, majalah merupakan media yang bersifat khusus, yakni ditujukan kepada kelompok khalayak yang khusus dan relatif terbatas.
Waktu publikasi majalah umumnya seminggu sekali (mingguan), sekali dalam sebulan, setiap dua bulan, hingga tiga bulan sekali.
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Teks Iklan dan Contohnya
2. Media Elektronik
Media elektronik adalah bentuk perkembangan baru media komunikasi massa melalui perangkat elektronik untuk menyebarkan berita.
Media massa elektronik umumnya berupa televisi dan radio. Televisi adalah media yang besar dan juga populer.
Televisi memiliki sifat audio visual. Ini berarti, tayangan televisi dapat didengar dan dapat dilihat oleh khalayak.
Hal ini kemudian menjadikan televisi sebagai salah satu medium favorit bagi para pemasang iklan, teman-teman.
Media televisi merupakan industri yang padat modal, padat teknologi, dan padat sumber daya manusia.
Sayangnya, munculnya berbagai stasiun televisi di Indonesia tidak diimbangi dengan tersedianya sumber daya yang memadai.
Sementara itu, radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang sifatnya hanya bisa didengar saja.
Radio punya kemampuan untuk menstimulasi imajinasi pendengar dan punya kemampuan penyajian informasi yang fleksibel.
Internet juga termasuk dalam media elektronik yang dapat diakses oleh pengguna secara cepat dan mudah hanya melalui gawai.
O iya, berdasarkan masa periodiknya, informasi pada media elektronik bisa dipublikasikan setiap waktu. Artinya, lebih cepat dari media cetak.
Baca Juga: Syarat dan Ciri-Ciri Berita yang Baik, Wajib Tahu Sebelum Menulisnya
Media Massa Nonperiodik
Berbeda dari yang sebelumnya, media massa nonperiodik merupakan media massa yang bersifat sementara.
Sifat media massa nonperiodik ini umumnya tergantung pada peristiwa yang diselenggarakan.
Contoh yang termasuk dalam media massa nonperiodik diantaranya adalah rapat, seminar, workshop, dan lain sebagainya.
Nah, itulah perbedaan media massa periodik dan nonperiodik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
(Penulis: Aldita Prafitasari)
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan media massa? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Source | : | Kompas.com,Adjar.id |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR