Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa yang dimaksud dengan media massa periodik dan media massa nonperiodik?
Dalam ilmu komunikasi dikenal sejumlah saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.
Upaya tersebut biasanya terbagi menjadi dua, yaitu penyampaian pesan menggunakan media dan tanpa media.
Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyampaian pesan atau berita menggunakan media massa.
Media massa merupakan sarana komunikasi yang mempermudah proses penyampaian dan penerimaan pesan dari sumber ke khalayak luas.
Berdasarkan masa atau waktu penayangannya, media massa dibagi menjadi dua, yakni media massa periodik dan nonperiodik.
Sebelum mengetahui apa yang dimaksud dengan media massa periodik dan nonperiodik, kita cari tahu dulu karakteristik media massa, yuk!
Karakteristik Media Massa
Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), karakteristik media massa, antara lain:
1. Bersifat Melembaga
Artinya, pihak yang mengelola media massa terdiri dari banyak orang yang kemudian bersatu membentuk susunan.
Baca Juga: Pengaruh Masing-Masing Agen Sosialiasi dalam Pembentukan Karakter Individu, Apa Saja?
Cara Bersikap terhadap Barang yang Dipakai, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Kompas.com,Adjar.id |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR