Bobo.id - Cara membuat daftar isi di Microsoft Word biasanya dilakukan secara manual dengan mengetikan tanda titik (.) secara terus menerus. Padahal, kita bisa menggunakan fitur cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word menggunakan tool Reference atau Referensi, lo.
Daftar isi penting dicantumkan dalam karya tulis formal, seperti makalah sekolah, makalah ilmiah, jurnal ilmiah, hingga proposal kegiatan. Nah, biasanya daftar isi berisi nama bagian dalam tulisan formal yang dihubungkan dengan titik-titik ke informasi halaman.
Berikut ini adalah cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word, supaya teman-teman bisa membuat daftar isi dengan rapi. Yuk, cari tahu dua cara membuat daftar isi otomatis di bawah ini!
2 Cara Membuat Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word
a. Membuat Daftar Isi di Windows 10
- Buka aplikasi Microsoft Windows
- Buka dokumen yang sudah selesai dikerjakan di Microsoft Word
- Klik menu tool "References"
- Pilih opsi "Table of Contents"
- Pada pilihan yang muncul, klik format "Automatic Table 1".
Hasilnya Microsoft Word akan secara otomatis membuat daftar isi yang memuat subjudul pada setiap halaman beserta keterangan. Hal ini disesuaikan dengan tulisan yang sudah teman-teman buat.
Baca Juga: Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Word dengan Mudah, Hasilnya Rapi
Apabila hendak mengedit, menambahkan, atau memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib untuk diperbarui.
Untuk memperbarui daftar isi caranya:
- Klik "References", klik "Update Table"
- Pilih antara opsi "date page numbers only" atau "Update entire table"
Opsi "Update page numbers only" berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul.
Opsi "Update entire table" berfungsi untuk seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya.
Jika terdapat entri daftar isi yang hilang, klik menu "Home > Style > Heading 1".
Selanjutnya, masukkan nama teks judul serta halaman di Microsoft Word yang diinginkan.
b. Membuat Daftar Isi di Website
Selain di aplikasi, kita juga bisa membuat daftar isi otomatis di website Microsoft Word yang disediakan Windows.
Website ini dapat di akses melalui situs Office.com.
Baca Juga: 3 Cara Menghilangkan Background di Word dengan Mudah
Pada situs tersebut, kita dapat membuat dokumen seperti di aplikasi perangkat lunak Microsoft Word, termasuk membuat daftar isi secara otomatis.
Untuk membuat daftar isi di website Microsoft Word, lakukan cara berikut:
- Buka situs Office.com
- Kerjakan dokumen atau salin dokumen di website tersebut
- Klik menu "References"
- Pilih "Table of Contents", kemudian klik "Insert Table of Contents"
- Selanjutnya, website akan menampilkan daftar isi yang membuat keterangan teks judul beserta jumlah halaman yang tertera
Apabila hendak menambahkan atau memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib untuk diperbarui dengan cara:
- Klik "References"
- Pilih "Update Table of Contents"
Setelah itu, daftar isi akan diperbarui secara otomatis
Nah, itulah dua cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word Windows 10 dan website. Semoga membantu!
(Penulis : Soffya Ranti / Niken Bestari)
Baca Juga: Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Word dengan Mudah
----
Kuis! |
Apa langkah pertama menambahkan daftar isi di aplikasi Microsoft Word? |
Petunjuk: cek di halaman 2! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Bobo Funfair Digelar di Semarang, Bisa Ketemu Bobo Sekaligus Wisata Kuliner Nusantara
Source | : | Kompas |
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR