Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 3, kita akan belajar untuk mengidentifikasi iklan di media cetak.
Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Iklan tidak terbatas pada produk barang saja, tetapi bisa berupa jasa, informasi, ajakan, atau seruan untuk melaksanakan sesuatu.
Umumnya, iklan disampaikan melalui berbagai media massa, mulai dari media cetak hingga media elektronik yang berkembang sekarang.
Sebelumnya, kita sudah belajar tentang perbedaan iklan baris dan iklan kolom. Nah, dua jenis itu merupakan iklan media cetak.
Iklan pada media cetak bisa diartikan sebagai penyampaian informasi persuasif lewat kata atau gambar di surat kabar, majalah, brosur, dan lainnya.
Iklan banyak digunakan masyarakat untuk mempromosikan atau menawarkan produk atau jasa ke masyarakat luas.
Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa fungsi iklan, yakni:
- Memberikan informasi agar konsumen mengetahui produk dan merek yang diiklankan serta memberi citra merek positif.
Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom? Materi Kelas 5 SD Tema 9
Seperti Apa Tradisi Pasar Apung di Kalimantan? Materi Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR