Bobo.id - Teman-teman tentu sudah sering sekali melihat iklan dalam berbagai media.
Pada materi bahasa Indonesia kali ini, teman-teman akan belajar lebih banyak tentang iklan.
Iklan bisa kita temukan dengan mudah melalui berbagai media, seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, hingga beragam media sosial.
Namun, tahukah teman-teman apa sebenarnya iklan itu? Sebelum kita belajar tentang struktur dan ciri-ciri dari teks iklan, mari pahami dulu pengertian iklan.
Iklan merupakan sebuah informasi yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Selain itu, iklan juga bisa diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa.
Nah, berbagai informasi atau pemberitahuan itu bisa disampaikan dalam berbagai media yang berbeda.
Sebelum mulai menyampaikan isi iklan, kita perlu membuat teks iklan.
Jadi, teks iklan adalah sebuah teks yang berisi informasi atau pemberitahuan tentang jasa atau barang yang ingin disampaikan pada banyak orang.
Untuk membuat sebuah teks berita, ada beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan.
Pertama, kita pelajari dulu teks berita dari ciri-cirinya berikut ini, sebelum mulai membuat sendiri.
Baca Juga: Menjawab Soal Identifikasi Teks 'Mengenal Wortel', Materi Kelas 5 SD
Teks iklan bisa teman-teman kenali dengan mudah bila memahami beberapa ciri umumnya.
- Teks iklan umumnya menggunakan kalimat persuasif.
- Menyertakan gambar yang menarik.
- Memakai subjek orang pertama.
- Ada kalimat slogan yang sesuai dengan jasa atau barang yang akan diiklankan.
- Dikemas secara menarik agar menarik perhatian banyak orang atau konsumen.
- Informasi disampaikan secara padat, jelas, dan tidak menyinggung pihak lain.
Untuk membuat teks iklan, teman-teman harus paham struktur dari teks ini.
Ada tiga struktur pembentukan teks iklan yang bisa teman-teman ikuti saat akan membuat jenis teks ini.
Berikut akan dijelaskan tiga bagian struktur dari teks iklan yang banyak digunakan.
Baca Juga: Ide Pokok dari Teks 'Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan'
Orientasi adalah bagian awal dari teks iklan yang biasanya berisi perkenalan tentang produk atau jasa yang akan diiklankan.
Pada bagian pengenalan ini teman-teman cukup mengenalkan secara singkat dan jelas sehingga bisa dipahami hanya dalam sekali membaca.
Bagian kedua adalah tubuh iklan yang membahas tentang inti dari barang atau jasa yang dipromosikan.
Pada bagian kedua ini bisa lebih panjang karena menyampaikan kelebihan barang atau jasa.
Bagian terakhir adalah justifikasi yang merupakan akhir dari penjelasan iklan.
Bagian ini berisi penjelasan yang memudahkan publik atau banyak orang menemukan barang atau jasa yang ditawarkan.
Biasanya, pada bagian ini akan dilengkapi dengan keterangan seperti nomor telepon, akun media sosial, website atau berbagai cara agar orang-orang bisa menemukan barang atau jasa yang ditawarkan.
Nah, dengan memahami ciri dan struktur dari teks iklan, maka teman-teman akan bisa membuat teks iklan sendiri dengan lebih mudah.
Baca Juga: Menjawab Soal dari Teks 'Lampu Belajar Hadiah dari Ayah', Materi Kelas 6 SD
----
Kuis! |
Di mana saja iklan bisa disampaikan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Penulis | : | Amirul Nisa |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR