Bobo.id - Teman-teman, sudahkah kamu belajar mencari luas bangun datar?
Bangun datar adalah bentuk atau bangun dua dimensi yang memiliki keliling atau luas, terbentuk dari gabungan garis atas persambungan titik-titik.
Ada banyak bangun datar di sekitar kita, yang sebagian besar termasuk bangun datar segitiga.
Dari pengertian bangun datar di atas, berarti kita bisa mengetahui kalau segitiga bisa dihitung luas dan kelilingnya.
Namun, bagaimana jika kita ingin menghitung tinggi segitiga?
Pada pelajaran matematika kelas 4 SD, kita akan belajar menghitung ukuran tinggi segitiga jika diketahui luasnya.
Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan di atas dari penjelasan berikut!
Luas segitiga didapatkan dari menghitung perkalian antara alas dan tinggi, lalu hasilnya dibagi 2. Jika dituliskan dalam rumus, berikut ini luas segitiga.
Luas segitiga = (alas × tinggi) : 2
Luas segitiga = ½ × alas × tinggi
Sedangkan tinggi segitiga dapat dicari dengan cara berikut ini.
Baca Juga: Cara Menghitung Sisi Persegi Panjang Jika Diketahui Luasnya, Materi Kelas 4 SD
Luas segitiga = ½ × alas × tinggi
½ × alas × tinggi = luas segitiga
alas × tinggi = luas segitiga × 2
tinggi = (luas segitiga × 2) : alas
1. Sebuah segitiga sama kaki berukuran alas 16 cm dengan luas sebesar 120 cm2. Berapa tinggi segitiga tersebut?
2. Sebuah segitiga sama kaki berukuran alas 6 cm dengan luas sebesar 210 cm2. Berapa tinggi segitiga tersebut?
Jawaban:
1. tinggi = (luas segitiga × 2) : alas
tinggi = (120 × 2) : 16
tinggi = 240 : 16
tinggi = 40 cm
Baca Juga: Cara Menghitung Sisi Persegi Panjang Jika Diketahui Luasnya, Materi Kelas 4 SD
2. tinggi = (luas segitiga × 2) : alas
tinggi = (210 × 2) : 6
tinggi = 420 : 6
tinggi = 70 cm
----
Kuis! |
Apa itu bangun datar? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Penulis | : | Grace Eirin |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR