Bobo.id - Pada materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD, kita akan diajak membaca teks berjudul "Pengalaman Belajar Daring".
Teks itu bercerita tentang bagaimana perubahan cara belajar siswa sejak muncul wabah virus Covid-19.
Karena tidak boleh bertemu secara langsung, maka sekolah diadakan dengan sistem Belajar dari Rumah (BDR).
Saat BDR, guru menjelaskan dan memberi tugas melalui aplikasi komunikasi yang berbasis internet digital.
Sementara itu, para siswa diwajibkan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di rumah.
Oleh karena itu, perkakas teknologi seperti komputer, laptop, ponsel, dan jaringan internet sangat penting.
Dalam teks 'Pengalaman Belajar Daring', ada beberapa siswa yang menceritakan tentang pengalamannya.
Siswa-siswa itu antara lain: Aprilia dari Balikpapan, Andi dari Makassar, Galih dari Temanggung, dan Iin dari Bogor.
Mereka semua menceritakan tentang tantangan yang dihadapinya selama melakukan pembelajaran daring.
Untuk tahu apa saja tantangan yang dihadapi dan bagaimana solusinya, baca teks "Pengalaman Belajar Daring", yuk!
Menurut isi teks "Pengalaman Belajar Daring", setiap peserta didik memiliki tantangan tersendiri dalam BDR.
Baca Juga: Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Di halaman 101, kita diminta menjawab, apa saja tantangan yang dihadapi tiap peserta didik dan menulis solusinya.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Yuk, simak!
Tantangan yang dihadapi:
Aprilia memiliki kesulitan dalam memahami dan mengerti penjelasan dari gurunya dalam pelajaran matematika.
Solusi yang dilakukan:
Untuk mengatasinya, Aprilia sering meminta bantuan kepada Kak Martha yang sedang kuliah di Fakultas MIPA
Tantangan yang dihadapi:
Andi memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, apalagi jika tugasnya membuat video atau presentasi.
Solusi yang dilakukan:
Agar tugas yang diberikan oleh pak guru cepat selesai, maka Andi sering dibantu oleh kedua orang tuanya.
Tantangan yang dihadapi:
Baca Juga: Kosakata Baru pada Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 5, Materi Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka
Selama pembelajaran daring, tantangan yang dihadapi Galih adalah karena fasilitasnya kurang memadai.
Solusi yang dilakukan:
Agar bisa ikut pelajaran, setiap dua kali seminggu, Galih dan temannya menumpang belajar di kantor desa.
Hal ini karena di kantor desa ada fasilitas internet gratis. Ada juga komputer yang bisa dipinjam untuk belajar.
Tantangan yang dihadapi:
Tak jauh berbeda dengan Galih, Iin juga mengalami keterbatasan fasilitas berupa laptop saat pembelajaran.
Hanya satu laptop yang ada di rumah Iin sehingga pemakaiannya harus bergiliran. Sisanya memakai ponsel.
Selama ini, kakak Iin yang paling sering memakai laptop. Iin merasa tak adil karena ia jadi kerepotan saat ada tugas.
Solusi yang dilakukan:
Agar ketiga anak merasa adil, maka Bapak akhirnya membuatkan jadwal pemakaian laptop untuk tiga anaknya.
Nah, itulah alternatif untuk menjawab soal dari teks "Pengalaman Belajar Daring". Semoga informasi ini bermanfaat!
(Editor: Heni Widiastuti)
----
Kuis! |
Apa saja yang dibutuhkan saat belajar dari rumah? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR