Bobo.id - Pada materi IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD, kita akan belajar tentang kondisi geografis Indonesia.
Kondisi geografis adalah keadaan atau kondisi wilayah dilihat dari keadaan berkaitan dengan aspek geografisnya.
Nah, aspek geografis itu meliputi letak wilayah, relief, iklim dan cuaca, jenis tanah, sumber daya, serta flora fauna.
Dilihat dari kondisi geografisnya, Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi.
Akibatnya, Indonesia punya hutan hujan tropis yang menyimpan keanekaragaman flora dan faunanya, nih.
Selain itu, Indonesia juga memiliki wilayah laut yang luas dengan tanah daratannya yang juga subur, lo.
Hal inilah yang kemudian membuat Indonesia disebut sebagai negara maritim dan juga negara agraris.
Negara maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan dengan kawasan laut yang luas.
Negara agraris adalah negara yang sebagian besar rakyatnya bermata pencaharian dengan bercocok tanam.
Di halaman 167, kita diminta untuk menjawab pertanyaan tentang Indonesia sebagai negara maritim dan agraris.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
Baca Juga: Menjawab Soal IPAS Halaman 165, Materi Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka
Jawaban:
Kalau didasarkan kondisi geografisnya, tentu saja Indonesia bisa dibilang negara maritim dan negara agraris.
Indonesia bisa disebut sebagai negara maritim karena Indonesia memenuhi ciri-ciri negara maritim, yakni:
Sementara itu, Indonesia bisa disebut negara agraris karena memenuhi ciri-ciri sebagai negara agraris, yakni:
Jawaban:
Sebagai negara maritim, ada banyak manfaat dan potensi yang dimiliki oleh negara Indonesia, antara lain:
Sementara itu, sebagai negara agraris, ada banyak manfaat dan potensi yang dimiliki negara Indonesia, yakni:
Baca Juga: Bagaimana Letak dan Kondisi Geografis Wilayah Indonesia? Materi Kelas 5 SD
Jawaban:
Meski wilayah maritim punya potensi besar, tak jarang ada kerusakan di wilayah maritim. Penyebabnya, yakni:
Sama seperti wilayah maritim, wilayah agraris juga bisa mengalami kerusakan wilayah yang disebabkan oleh:
Jawaban:
Ada beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian di wilayah maritim/agraris, antara lain:
- Tidak membuang sampah sembarangan.
- Menjaga terumbu karang.
- Tidak menangkap dan memburu fauna dan flora langka.
- Membatasi alih fungsi lahan.
Baca Juga: Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta, Materi Kelas 5 SD
- Menghindari pencemaran tanah.
- Membuat peraturan tegas terkait kelestarian wilayah maritim/agraris.
Nah, itulah alternatif untuk menjawab soal IPAS halaman 167. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untukmu, ya!
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan kondisi geografis? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Makna Pancasila Sila Keempat bagi Masyarakat, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR