Bobo.id - Balapan mobil sudah digemari sejak tahun 1890-an. Itulah cikal bakal Grandprix F1 yang tersohor itu.
Masa Sebelum 1950
1895: Balap mobil sejauh 1.200 km dari Paris ke Bourdeux, pergi pulang. Jalan umum pun diubah menjadi arena balap.
Saat itu, mobil masih dinaiki dua orang dan ada acara makan siang bersama. Unik, ya!
1901: Pertama kalinya balap mobil menggunakan istilah "Grand Prix". Saat itu, nama balapannya disebut French Grand Prix di Le Mans, Prancis.
1937: Mercedes mengeluarkan mobil balap dengan mesin 8 silinder dan 5.000 cc.
BACA JUGA: Pacu Jawi, Balapan Sapi di Atas Sawah?
1946: Terbentuk Federation Internationale de I'Automobile's (FIA's). Itu adalah organisasi yang membuat aturan mengenai balap mobil internasional.
1950: Tanggal 13 Mei diadakan kejuaraan mobil internasional di sirkuit Silverstone, Inggris.
Dalam sebuah musim pertandingan, diadakan lomba di enam sirkuit utama di Eropa dan satu di Amerika Serikat.
Mobil balap di tahun ini hanya dibuat dengan satu tempat duduk.
BACA JUGA: Unik! Ada Balap Bekicot Internasional?
Masa 1950-1958
Kejuaraan digelar setiap tahun. Pada masa-masa ini, tim Alfa Romeo, Ferrari, Mercedes, dan Maserati selalu berebut tempat terbaik.
Tahun 1958, dibuat aturan baru. Bahan nakar utama mobil tidak lagi metanol, tetapi avtur.
Jarak tempuh juga diturunkan, dari 500 km, menjadi 200 km.
Masa 1958-1960-an
Tempat duduk pembalap dibuat lebih rendah. Perusahaan pembuat mobil juga berlomba-lomba memperbaiki mesin.
BACA JUGA: Balapan Air Dalam Kancing?
Masa 1970-an
Inilah era mobil "bersayap". Pelopornya adalah Ferrari.
Tak hanya itu. Mobil F1 mulai dibuat dengan bentuk yang mudah membelah angin.
Bahan dan mesin mobil juga semakin maju di tahun ini.
Masa 1980-an
Pada masa ini, mesin turbo mulai dipakai pada mobil F1. Tentu saja, laju mobil jadi semakin kencang. Teknologi ban radial juga mulai muncul.
Di tahun 1982, pembalap Gilles Villeneuve mengalami kecelakaan dan meninggal di sirkuit.
Karena kecelakaan ini, mobil dan alat-alat pembalap pun dilengkapi dengan sistem keamanan.
BACA JUGA: Balapan Krisna dan Utul?
Masa 1990-an
Pada tahun 1994, kecelakaan terjadi di Sirkuit San Marino. Kecelakaan ini dialami oleh Ayrton Senna, ia adalah juara dunia tiga kali. Kecelakaan ini membuat ia meninggal di sirkuit.
Semenjak kejadian ini, FIA pun membuat aturan yang semakin ketat, terutama yany berhubungan dengan keamanan pembalap.
Peserta balap pun semakin peduli dengan keselamatan saat bertanding.
Masa 2000-an
Mobil balap F1 masih menjadi favorit pecinta mobil. Pembalap F1 semakin banyak. Mobil semakin cepat dan canggih, keamanan pun semakin ditingkatkan.
Seperti itulah asal-usul balapan F1 yang terkenal.
Teks: Pipit, Foto: Creative Commons - Lothar Spurzem
Penulis | : | willa widiana |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR