2 Fakta Tentang Kuku

  • Rabu, 12 Juli 2017 17:08 WIB

2 Fakta Tentang Kuku | Ode

Coba perhatikan jarimu! Apakah kukunya sudah panjang? Jika sudah, jangan lupa untuk dipotong, ya!  Bicara soal kuku, Bobo jadi ingat dengan 2 fakta tentang kuku, nih.

Fakta 1 – Terus tumbuh

Kuku adalah bagian kulit yang mengeras. Meski usia kita sudah tua, kuku akan terus tumbuh. Kuku berasal dari akar kuku yang ada di bawah permukaan kulit. Jika akar kuku lepas, dibutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menumbuhkan akar kuku yang baru.

Di bagian bawah kuku ada lengkungan berwarna putih. Itu adalah kuku baru. Jika sudah waktunya, ia akan tumbuh dan menggantikan kuku yang sudah dipotong. Lengkungan putih ini biasanya tidak terlihat saat kita sedang sakit.

Fakta 2 – Dipengaruhi cuaca

Kuku bisa tumbuh sepanjang 2 milimeter dalam waktu 10 hari. Pertumbuhannya bisa lebih cepat jika berada di cuaca panas. Bagaimana dengan cuaca dingin? Di cuaca dingin, kuku akan tumbuh lebih lama.

Pertumbuhan kuku anak-anak lebih cepat, daripada kuku orang dewasa. Nah, karena lebih cepat tumbuh, kamu harus rajin memotong kuku. Jika tidak, kuman yang ada di sekitar kita akan berdiam diri di sana.

Selain menjadi sarang kuman, kuku yang terlalu panjang juga bisa menganggu aktivitasmu, lo. Jadi, selalu potong kuku dan jaga kebersihannya, ya!

Nah, Teman-teman, itulah 2 fakta tentang kuku yang Bobo ketahui! Jika kamu tahu fakta lain, jangan lupa berbagi dengan Bobo, ya!

Ilustrasi: Ode

Reporter : willa widiana
Editor : Vanda Parengkuan

KOMENTAR

MOST READ

Jadiiā€¦ Itu Mamanya

2 hari yang lalu

Kain Lap yang Hilang

3 hari yang lalu

Masakan Chef Misterius

16 jam yang lalu

Dua Nenek

3 hari yang lalu

Mak Yun

13 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×